Rakor Evaluasi IKPA 2022, Kemenag Kenalkan Sistem Belanja melalui Digipay

Ciloto (Kemenag) --- Biro Kuangan dan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Agama melaksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tahun 2022.

Rakor IKPA ini sekaligus dirangkaikan dengan pengenalan Pelaksanaan Belanja Melalui Digipay pada Satuan Kerja Kemenag, Provinsi DKI Jakarta.

"Terima kasih kepada semua peserta Rakor ini. Di tangan Bapak dan Ibu, semua baiknya akuntabilitas laporan keuangan Kemenag. Ini bagian capaian WTP yang kita peroleh," kata Kepala Biro Keuangan dan BMN, Subarja, di Ciloto, Cinapas, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022).

"Pada kesempatan ini juga kita akan mengenalkan dan praktik pelaksanaan belanja melalui Digipay," sambung Subarja.

Subarja menjelaskan bahwa Digipay merupakan platform yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) dengan sistem pembayaran menggunakan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) dan/atau CMS (Cash Manajement System) yang bekerja sama dengan Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yang melibatkan Satuan Kerja (Satker).

"Mari kita ikuti sama-sama acara ini dengan baik. Semoga Kemenag bisa lebih baik memahami pengelolaan keuangan sesuai aturan," tandas Subarja.

Analis Pengelolaan Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Ahli Madya pada Bagian Perbendaharaan dan Pelaksanaan Anggaran Biro Keuangan dan BMN Setjen Kemenag, Agusli Ilyas melaporkan bahwa acara ini diikuti oleh 180 peserta dari unit eselon I melalui Daring dan Luring. Ikut juga perwakilan mitra Kemenag dari Bank BSI, BRI dan Mandiri.

"Dengan praktik pelaksanaan belanja melalui Digipay, pengelolaan keuangan Kemenag akan semakin baik," kata Agusli Ilyas.