Raih Nilai Sempurna UTBK, Dua Siswa MAN IC Padang Pariaman Masuk Unibraw

Padang (Kemenag) --- Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, meraih nilai sempurna (1000) dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Kelompok Ujian SAINTEK 2021 yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Muhamad Hanan meraihnya untuk mata pelajaran Matematika dan Kimia, sedang Muhamad Irfan untuk mata pelajaran Kimia. Keduanya diterima kuliah di Universitas Brawijaya Kota Malang.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh Isom mengaku bangga dengan prestasi Hanan dan Irfan. Capaian itu menjadi bagian dari potret prestasi bagi generasi madrasah mandiri berprestasi.

“Terlihat betapa anak-anak madrasah begitu mandiri dengan menunjukan prestasi mereka. Nilai sempurna yang ditorehkan mereka menandakan kualitas kemampuan literasi sains siswa madrasah semakin baik,” ujar Isom di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Menurut Ishom, keberhasilan yang diraih oleh siswa MAN IC merupakan milik semua warga madrasah. Oleh sebab itu, lanjut Ishom, prestasi yang ada harus dipublikasikan ke seluruh pelosok negeri, agar menjadi motivasi untuk siswa-siswi madrasah yang lain, sehingga merekapun bisa mendapatkan hasil yang sama dengan kegigihan dan kerja keras yang maksimal.

Budaya prestasi, lanjut Ishom, harus selalu dibangun, agar mental bangsa ini semakin kuat dan terus teruji. Menurutnya, saat ini sumber daya manusia yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan madrasah mulai mandiri menunjukkan eksistensi melalu prestasi.

“Madrasah mandiri berprestasi adalah wujud aktualisasi diri menuju insan cendekia yang menjadi cita-cita sekaligus doa untuk kita warga madrasah,” tutup Isom.

Terpisah, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Padang Pariaman, Hendrisakti Hoktovianus, mengucap syukur atas capaian prestasi siswanya. “Keberhasilan ini tidak terlepas dari bimbingan guru terbaik yang kami miliki, rasa bangga ini kami persembahkan untuk warga madrasah di Indonesia,” ujarnya.

“Keterbatasan yang hari ini kami alami selama Pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat, malah semakin membuat MAN Insan Cendekia Padang Pariaman kuat dan mandiri untuk tetap kreatif dan berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran demi mencetak sumber daya manusia berkualitas bagi bangsa ini,” pungkasnya. (Bahtiar)