Nasional

Qari dan Hafiz Indonesia Harumkan Nama Bangsa, Menag: MTQ Madrasah Generasi Muda

Menag Yaqut Cholil Qoumas pada pembukaan MTQ Nasional XXIX di Kalsel

Menag Yaqut Cholil Qoumas pada pembukaan MTQ Nasional XXIX di Kalsel

Banjarbaru (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan banyak qari dan penghafal atau hafiz Al-Qur'an Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa di level dunia.

Mereka banyak menorehkan prestasi tidak hanya di level ASEAN, namun juga Internasional.

Hal ini dikatakan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan laporan di pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar di Kiram Park, Kabupaten Banjarbaru.

"Mereka inilah para duta yang telah menyampaikan pesan dan kesan Indonesia sebagai bangsa yang ramah dan santun" kata Menag, Rabu (12/10/2022) malam.

"Perhelatan MTQ yang digelar dari tingkat Kecamatan hingga Nasional sesungguhnya adalah madrasah bagi generasi muda kita dalam mengenal dan mencintai Al-Qur’an. Artinya, kita telah memiliki kawah candradimuka yang berjenjang dari Kecamatan hingga Nasional," sambungnya.

Meski demikian, Menag mengingatkan bahwa capaian ini tidak hanya menjadi sebuah kebanggaan, namun juga tantangan bagi pemerintah untuk terus memfasilitasi para pecinta Al-Qur’an dalam mendalami dan mengembangkan kajian. Saat ini, di setiap kabupaten, bahkan kecamatan, telah hadir halaqah-halaqah tilawah, menghafal Al-Qur’an dan lainnya.

Keberadaan madrasah bagi para pecinta Al-Qur’an ini tentu sejalan dengan rencana pembangunan nasional bidang agama, yakni melahirkan generasi beriman yang taat dan patuh dalam bingkai NKRI.

"Untuk itulah, kami mohon dukungan dari seluruh bangsa Indonesia untuk terus mengembangkan fasilitas-fasilitas pendidikan Al-Qur’an di seluruh Indonesia. Dalam konteks yang lebih luas, MTQ seyogyanya juga menjadi madrasah bagi harmoni Indonesia," ujarnya.

Disampaikan Menag, bukan hanya umat Islam yang ikut berpartisipasi menyukseskan MTQ Nasional, tapi banyak juga warga dari berbagai agama. Ini adalah harmoni yang indah, betapa Indonesia sangat kaya dengan beragam model kerukunan.

"Tak salah jika kita semua mempercayakan tuan rumah MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 ini di Provinsi Kalimantan Selatan, karena di sinilah salah satu pusat keislaman yang telah mewarnai Nusantara," tutur Menag.

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua