Proses Kedatangan Jemaah Di Jeddah Lancar

Jeddah, 5/1 (Pinmas) - Hari pertama, Kamis (4/1) ini proses kedatangan jemaah haji dari Mekkah ke Jeddah untuk transit berjalan dengan lancar. Jemaah haji selama berada di Jeddah menempati 8 hotel di seputar kota tersebut selama kurang lebih 18 jam. Untuk selanjutnya kembali ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Kadaker PPIH Jeddah Subakin menilai hari pertama kedatangan jamaah ke Jeddah berjalan lancar. Jamaah yang telah tiba hingga pukul 16.00 was berjumlah 4 kloter, yaitu Solo 1, Balikpapan 1, Ujungpandang 1 dan Palembang 1.

Tiga kloter di tempatkan di hotel Shaihanah dan 1 kloter di hotel Al Waha.Menurut Subakin, begitu kloter tiba di hotel , kepada para Ketua Rombongan (Karom) kunci dibagikan kunci kamar untuk selanjutnya diserahkan kepada ketua regu untuk mengatur jemaahnya menempati kamar-kamar yang tersedia. Dalam proses ini, memang masih terjadi selisih antara kapasitas dengan jumlah penghuni berkisar 45-50 orang. Untuk itu dilakukan pengaturan kembali, karena sering terjadi jamaah tak mau pisah dari keluarganya.Kendala yang dihadapi, kata Subakin, soal supir bis yang membawa jamaah tidak mengetahui lokasi hotel yang akan ditempati jemaah haji selama berada di Jeddah.

Untuk itu, pihaknya menempatkan petugas di chek point Amir Khawas guna memandu bus menuju hotel yang dituju. “Petugas kita tempatkan di pintu masuk kota Jeddah agar bis-bis yang mengangkut jemaah tidak tersesat. Ini membutuhkan tambahan personil lapangan yang memadai,” katanya..Subakin menambahkan, antisipasi agar tidak terjadi supir bis tersesat karena karena tidak tau lokasi hotel dengan tepat, Daker Jeddah mengerahkan 2 orang petugas di chek point untuk memandu bis jamaah ke hotel.(MCH/Ims)