Nasional

Program Pelatihan Dasar CPNS BDK Makassar Raih Akreditasi A dari LAN

Program Latsar CPNS BDK Makassar raih akreditasi A dari LAN

Program Latsar CPNS BDK Makassar raih akreditasi A dari LAN

Makassar (Kemenag) --- Program Pelatihan Dasar (Latsar) bagi Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar tahun ini meraih akreditasi A dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Dalam proses akreditasi yang dilakukan LAN, program LATSAR CPNS BDK Makassar meraih nilai 91.11 (A). Adapun untuk program Pelatihan Kepemimpinan Pengawas, nilai akreditasinya 86.78 (B). Selain program, LAN juga melakukan akreditasi kelembagaan. Nilai akreditasi BDK Makassar sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan sebesar 82,887 (Terakreditasi).

Sertifikat akeditasi diserahkan Kepala Lembaga Administrasi Negara RI Adi Suryanto kepada Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar, Juhrah. Hadir mendampingi, Deputi Bid. Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Muhammad Taufiq dan Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN, Erna Irawati.

Akreditasi ini merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai elemen, tidak hanya lembaga pelatihan dengan LAN tetapi juga dengan stakeholders lainnya.

Adi Suryanto mendorong setiap lembaga pelatihan terutama yang telah terakreditasi untuk meng- create pelatihan-pelatihan baru. Untuk itu, ke depan salah satu indikator penilaian dalam akreditasi akan dimasukkan unsur kreatifitas dan inovasi dari lembaga pelatihan untuk membuat pelatihan baru, terutama terkait kompetensi teknis.

“Lembaga Pelatihan dituntut tidak hanya mampu menyelenggarakan pelatihan yang sama, tetapi juga mampu melakukan terobosan pelatihan-pelatihan baru yang lebih inovatif guna mendukung pemenuhan gap kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN),” terang Adi Suryanto di BDK Makassar, Selasa (29/11/2022).

Adi Suryanto berharap akreditasi ini dapat membangun kepercayaan stakeholders untuk mengembangkan kompetensi pegawai di lembaga-lembaga pelatihan. Selain itu, akreditasi yang diberikan kepada Lembaga Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengakuan dari LAN atas terpenuhinya standar yang seharusnya dimiliki oleh Lembaga Pelatihan ASN.

Kepala BDK Makassar Juhrah menyampaikan bahwa capaian ini akan memberikan semangat bagi penyelenggara pelatihan dalam memberikan pelayanan prima bagi para peserta serta memberikan nilai lebih bagi BDK Makassar dalam penyelenggaraan pelatihan. Tentu saja, BDK Makassar berupaya menjadi center of excellence di lingkungan Lembaga Pelaihan (BDK) juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitasnya.

Dalam penyerahan sertifikat akreditasi ini, Kepala BDK Makassar, Juhrah, secara khusus memakai baju adat (baju Bodo) khas Suku Bugis-Makassar Sulawesi Selatan. (Etti)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua