Nasional

Presiden SBY Terima Panitia Nasional Hari Raya Nyepi

Jakarta,17/4 (Pinmas) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima 10 anggota Panitia Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1929, di Kantor Presiden, hari Selasa (17/3) siang. Panitia Nasional yang diketuai Wayan Alit Antara itu melaporkan persiapan acara Dharma Santi Penyambutan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1929, tanggal 28 April mendatang. .

Kata Ketua Umum Panitia Dharma Santi, Wayan Alit Antara, diharapkan Presiden berkenan hadir pada Dharma Santi yang tahun ini bertema `Meningkatkan Kesetiakawanan Sosial, Menuju Perdamaian, Persatuan dan Kesatuan`. “Tema ini mengacu pada kondisi masyarakat saat ini, masih banyak saudara-saudara yang tertinggal. Banyak sekali mengalami bencana, serta konflik di sana sini,” jelas Wayan Alit Antara.

Kepada wartawan Wayan Alit Antara, yang didampingi Menbudpar Jero Wacik, Gubernur Bali, Dewa Made Beratha serta Ketua Umum Pelaksana Harian Parisada I Made Gde Erata, menjelaskan bahwa secara rinci ada 4 macam ritual yang dilaksanakan dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi, yaitu Melasti atau penyucian, dilanjutkan dengan Tawur Agung yang dipusatkan di Candi Prambanan Yogyakarta, kemudian Penyepian, dan ditutup dengan Dharma Shanti atau halal bihalal. “Atas seijin Gubernur Bali, Dharma Santi dilaksanakan di Denpasar, Bali," tambahnya. (sby.info/ts)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua