Daerah

Petarung MTsN Lingga Raih Perak di Ajang Silat Internasional

Apsu, siswa MTsN Lingga raih medali perak kompetisi silat internasional

Apsu, siswa MTsN Lingga raih medali perak kompetisi silat internasional

Lingga (Kemenag) --- Petarung MTsN Lingga kembali menampilkan kepiawaiannya di ajang silat internasional hingga meraih medali perak. Apsu Prisehelvia Tri Putri, mewakili Indonesia di kancah dunia setelah menang sejak tingkat kabupaten hingga nasional.

Berlaga di ajang yang diikuti atlet dari beberapa negara, Apsu berhasil meraih medali perak di kategori jurus tunggal yang diselenggarakan secara virtual. Negara-negara pesaing yang berlaga di kompetisi pertengahan Desember 2021 ini antara lain Belanda, Suriname, Thailand, India, dan Rusia.

Menurut Ketua Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (SMI) Mudasir Zahid, prestasi ini merupakan usaha keras dari seluruh elemen yang terlibat dalam membimbing dan melatih Apsu. "Kami mengucapkan terima kasih kepada para pelatih yang telah mengharumkan nama baik Kabupaten Lingga," terang Mudasir saat memberikan penghargaan dan medali juara International Silat Competition kepada Apsa di SMAN Satu Singkep Barat, Sabtu (22/1/2022).

Bersamaan itu, dimulai juga pelaksanaan Try Out Pencak Silat dalam rangka persiapan POPDA Kepri 2022.

Selaku pelatih, Tengku Amir Effendy dan Juprizal bersyukur atas kemenangan anak asuhnya di ajang internasional. "Kami bangga dengan prestasi Apsu di kancah internasional. Semoga anak asuh lainnya mencontoh dan meneladani prestasi ini," ucapnya.

Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Indonesia wilayah Kab. Lingga Sukirno juga mengapresiasi prestasi Apsu yang telah mengangkat nama baik Kab. Lingga di kancah internasional. Prestasi seperti ini perlu digali dan digembleng terus agar tradisi berprestasi tetap terpelihara di mana pun dan kapan pun.

Pendamping Apsu selama berkompetisi, Ritaningsih, M. Nurul Fathoni, dan Rika Silfana berterima kasih kepada pelatih yang telah membimbing dan menggembleng Apsu hingga mampu berprestasi di tingkat internasional. Hal ini tentu membanggakan dan membawa nama baik MTsN Lingga.

"Kami berharap prestasi ini akan diikuti dengan prestasi-prestasi lainnya dari para siswa/I MTsN Lingga. Kami akan selalu mensupport setiap kegiatan yang sifatnya berupa perlombaan perlombaan disemua cabang," pungkasnya. (Dandhung)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua