Persiapan MTQN Mataram Sudah 97%

Jakarta (Pinmas) --- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVI di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dibuka Presiden Joko Widodo tiga hari mendatang. Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemprov NTB Wirajaya Kusuma mengatakan bahwa persiapan penyelenggaraan yang dilakukan paniti MTQ sudah mendekati filnal.

"Kondisi saat ini sudah 97%. Penyiapan venue utama sudah hampir selesai. Hari ini, semua venue sudah harus siap dan claer untuk digunakan," demikian penegasan Wira saat dihubungi Pinmas, Kamis (28/07).

Menurutnya, meski pembukaan MTQN XXVI baru akan dilakukan pada , tepatnya Sabtu (30/07) malam, namun semarak gelaran dua tahunan ini sudah demikian terasa di bumi 1000 masjid ini. Masyarakat Mataram dan berbagai daerah lainnya sudah mulai datang memadati gedung Islamic Center (IC) yang akan menjadi venue utama MTQ.

"Ada yang ingin melihat dari dekat megahnya Masjid IC, jalan-jalan meninjau lokasi Expo, bahkan ada yang ingin melihat gladi acara pembukaan. Tidak sedikit dari mereka yang nampak menikmati suasana di tribun sambil menyaksikan kubah dan menara IC dengan hiasan cahaya lampu yang bergonta-ganti warna," terangnya menjelaskan suasana malam di bumi Mataram.

Bahkan, lanjutnya, kursi panggung utama dan tribun yang pada saat pembukaan disiapkan untuk tamu VVIP, VIP, kafilah, penggembira, undangan dan masyarakat umum, semalam nyaris dipenuhi warga masyarakat dari dalam dan luar Kota Mataram. Wakil-wakil kafilah dari seluruh Indonesia yang sudah datang lebih awal juga sudah mulai mengisi kamar-kamar hotel, dan mempersiapkan stand pameran.

Semaan 1000 Hafizh

Rangkaian gelaran MTQ akan berlangsung dari tanggal 27 Juli – 7 Agustus 2016. Dalam rangka menyambut perhelatan akbar ini, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Sima’an Al Quran 30 juz bersama 1000 hafizh (penghafal Al Quran) dan hafizhah di Depan Pendopo Gubernur NTB. Mereka berasal dari berbagai pondok pesantren di Pulau Lombok.

Dalam kesempatan itu, ayat-ayat Al Quran dilantunkan sejak pagi hingga sore hari. Gubernur NTB TGH. Muhammad Zainul Majdi mengawali kegiatan ini dengan melantunkan surat Al Fatihah, dilanjutkan surat Al Baqarah hingga ayat 25. Setelah itu, pembacaan Al Quran diteruskan oleh para hafizh dan hafizhah hingga khatam.

"Semaan Al Quran diniatkan sebagai bentuk doa kita kepada Allah agar ikhtiar-ikhtiar yang baik yang kita laksanakan untuk agama, bangsa, dan daerah kita, diberkahi Allah," kata TGH Moh. Zainul Majdi, Rabu (27/07)

"Secara khusus, (semaan dilakukan) karena kita sebentar lagi akan melaksanakan MTQ XXVI sekeligus mukatamar Ipqah ketiga, dua event yang berkaitan erat dengan kitab suci al quran, membacanya, memahami, dan mengamalkannya," tambahnya.

11 venue telah disiapkan sebagai lokasi MTQN XXVI di Mataram. Selain Masjid Islamic Center yang dijadikan sebagai venue utama, tempat lainnya yang akan dijadikan sebagai lokasi perlombaan adalah Masjid Agung Praya, Taman Budaya Mataram, Gedung Graha Bakti Praja NTB, Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat, Gedung Sankareang Kantor Gubernu NTB, Aula Bank Indonesia Perwakilan NTB, Aula Rinjani BKD dan Diklat Provinsi NTB, Ponpes Al Aziziyah Kapek Gunung Sari, MAN 2 Mataram, serta Gedung Irigasi Pengairan PU NTB.

Sebelum pembukaan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan melantik Dewan Hakim, Tim Pengawas, dan Panitera MTQN XXVI pada Sabtu (30/07) sore di Kantor Gubernur NTB. Mereka terdiri dari para ulama Al-Quran, dosen PTKIN, Qari dan Qariah, Hafizh dan Hafizhah, serta para ahli pada bidangnya. selengkapnya, sila kilk  Daftar Nama Tim Pengawas, Dewan Hakim, dan Panitera MTQN XXVI. (mkd/mkd)