Perkuat TBTQ di Sekolah, Bupati Sleman Raih Penghargaan Penggerak Literasi Menulis Al-Qur’an

Yogyakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama memberikan penghargaan Penggerak Literasi Menulis Al Qur’an kepada Bupati Sleman, Yogyakarta, Kustini. Penghargaan ini diberikan atas kontribusi yang diberikan Kustini dalam penguatan Tuntas Baca Tulis Al Qur`an (TBTQ) di wilayahnya.

Penghargaan “Penggerak Literasi Menulis Al-Qur’an” diserahkan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam, Amrullah kepada Bupati Kustini. Dalam kesempatan itu, dilakukan juga serah terima mushaf Al Qur’an yang ditulis Bupati Kustini, sejumlah pejabat Kemenag, serta para kepala sekolah dan siswa.

“Pemda Sleman telah berkontribusi terhadap penguatan TBTQ di sekolah, melalui berbagai programnya, seperti Sekolah Tuntas BTQ, Lomba Kemakmuran Tempat Ibadah Sekolah, Penguatan Literasi di Sekolah, MTQ Sekolah, dan program serupa lainnya. Penghargaan ini adalah bagian dari silaturahim dan kerja sama dengan Pemda secara umum,” papar Amrullah di Sleman – Yogyakarta, Sabtu (20/8/2022).

Pemberian penghargaan ini dilakukan bersamaan dengan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ ) jenjang SMP se-Kabupaten Sleman di SMPN 1 Ngemplak. MTQ digelar sebagai rangkaian dari ikhtiar Tuntas Baca Tulis Al Qur’an (TBTQ).  

Hadir, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi DIY Masmin Afif, Kepala Bidang Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag DIY Buchori Muslim,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman Sidik Pramono, Bupati Sleman Kustini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana, dan undangan lainnya.  

Kustini menyampaikan terima kasih atas penghargaan dari Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam. “Penghargaan ini adalah kepercayaan yang sangat penting bagi upaya penguatan pemahaman dan pengamalan ajaran Al Qur’an pada pelajar di wilayah kami,” tutur Kustini yang sebulan sebelumnya juga menerima penghargaan Bunda Literasi dari Perpustakaan Nasional. 

Kakanwil Kementerian Agama Propinsi DIY Masmin Afif menilai makna penting TBTQ pada pelajar. “Kita harapkan, TBTQ dalam semua aspeknya mampu menumbuhkan kecintaan para pelajar untuk mempelajari dan menjalankan ajaran yang terkandung dalam Al Qur’an,” harapnya. 

“Selamat kepada Bupati Sleman atas penghargaan selaku Penggerak Literasi Menulis Al-Qur’an. Capaian ini sangat berarti bagi upaya menumbuhkan kecintaan para pelajar pada Al Qur’an di Sleman khususnya, dan Yogyakarta pada umumnya. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bersama dalam konteks lebih besar, yakni pengembangan dan penguatan Pendidikan Agama Islam di Sekolah,” ujar Masmim  Afif.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) jenjang SMP se-Kabupaten Sleman diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kabupaten Sleman, terdiri dari lomba tilawah, hifdzil, tartil, dan kaligrafi bagi pelajar SMP.