Nasional

Perkuat Pengawasan, 98 Auditor Kemenag Dibekali Teknik Sampling

Itjen Kemenag gelar Bimtek Sampling bagi para auditor

Itjen Kemenag gelar Bimtek Sampling bagi para auditor

Jakarta (Kemenag) --- Inspektorat Jenderal Kementerian Agama memberikan Bimbingan Teknis Teknik Sampling kepada 98 auditor. Inspektur Wilayah I, Maman Saepulloh, mengatakan Bimtek digelar guna menunjang kinerja pengawasan para auditor.

Menurut Maman Saepulloh, peningkatan pengetahuan, pengalaman, dan skill auditor perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pengawasan. Sehingga, hasil pengawasan bisa dijadikan rujukan efektif bagi pimpinan dalam mengambil kebijakan.

“Koordinasi dan kolaborasi antara Inspektorat Wilayah dalam pelaksanaan Teknik sampling dan pengujian sampling harus terus diperkuat, sehingga berkontribusi nyata pada capaian indikator kinerja pengawasan pada satuan kerja kementerian Agama yang mencapai 4.600 lebih,” ujar Maman di Operation Room Lantai 2 gedung Itjen Kemenag Jakarta, Rabu (17/1/2023).

"Sudah seharunya kita mengupdate metode audit dalam rangka peningkatan pengawasan Kementerian Agama lebih baik," imbuhnya.

Bimtek yang para Auditor Inspektorat Wilayah ini berlangsung secara hybrid. Mereka terdiri atas Pimpinan, Tim Agenda Prioritas Pengawasan, Kasubbag Tata Usaha, dan para Pelaksana. Teknik sampling sering digunakan dalam praktik pengawasan manakala ada keterbatasan waktu dan sumber daya dalam pengujian data audit.

Hadir sebagai narasumber, Harry Nugroho dan Taufiqul Halim dari Alvara Stategi Indonesia. (Desi Hariati/Nurul Badruttamam)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua