Nasional

Perkuat Moderasi Beragama, 729 Polisi Ikuti Lomba MTQ

Penganugerahan Juara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kepolisian RI 2022

Penganugerahan Juara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kepolisian RI 2022

Jakarta, Kemenag --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, hari ini menghadiri Penganugerahan Juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kepolisian RI 2022 di Jakarta.

Kehadiran Menag disambut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hadir pula, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Penganugerahan Juara MTQ Polri ini merupakan rangkaian penutup dari acara Lomba MTQ Polri yang telah dilaksanakan dari 8-16 Agustus 2022. Lomba ini diikuti 729 peserta polisi dari 34 Polda di Indonesia dan Mabes Polri.

Dalam sambutannya, Kapolri Sigit menjelaskan, kegitan MTQ bertujuan melahirkan polisi-polisi berjiwa Qurani yang bisa mempersatukan ulama dan umara (pemerintah) serta memperkuat program Moderasi Beragama Kementerian Agama.

"Kita harapkan kegiatan lomba MTQ Polri ini dapat melahirkan qari-qari dari anggota kami yang dekat dengan masyarakat dan bisa bersinergi dengan umara dan ulama dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta menjalankan Moderasi Beragama," ujarnya di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Sigit berpendapat, kolaborasi antara polisi, ulama, dan umara dapat mencegah munculnya perpecahan di masyarakat. Kolaborasi juga membuat tiga unsur tersebut saling bahu-membahu dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa, guna menghadapi berbagai tantangan bangsa.

"Kita selalu menginginkan Polri ke depan menjadi institusi yang lebih baik. Kita ingin melahirkan polisi unggul yang memiliki karakter akhlak mulia, baik dalam konteks hablum minallah (kepada Allah) maupun hablum minannas (sesama manusia). Hal tersebut bisa kita gali dari kegiatan MTQ ini," ujar Sigit.

Sigit juga berharap, seluruh polisi yang beragama Islam bisa menjalankan profesinya sambil menyebarkan agama Islam yang mengajarkan kasih sayang dan Islam yang rahmatan lil alamin (menjadi rahmat bagi semesta alam).


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua