Pojok Gusmen

Perilaku Antikorupsi Harus Dimulai dari Keluarga

Hakordia. (ilustrasi: Mega Halimah)

Hakordia. (ilustrasi: Mega Halimah)

Sejak 2005, tanggal 9 Desember 2021 diperingati sebagai Hari Antikorupsi Sedunia atau Hakordia. Saya melihat ini sebagai peringatan yang penting. Sebab, korupsi adalah musuh bersama. Untuk itu, saya mengajak masyarakat untuk bergerak bersama membangun perilaku antikorupsi.

Perlu gerakan bersama dan terpadu dalam membangun perilaku antikorupsi. Dan hal ini harus dimulai dari keluarga. Perilaku antikorupsi harus ditanamkan sejak dini. Dan ini meniscayakan peran penting dua institusi utama, keluarga dan lembaga pendidikan.

Keluarga adalah tempat belajar pertama bagi anak atau al-madrasah al-ula. Pendidikan keluarga adalah pondasi awal menanamkan perilaku antikorupsi, mulai dari nilai kejujuran dan kesederhanaan, serta malu berbuat keburukan.

Semua ini membutuhkan keteladanan orang tua. Keteladanan dan pendidikan keluarga adalah pondasi awal membangun perilaku antikorupsi.

Saya terus berharap melalui momentum Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember, semakin meningkatkan kesadaran dalam upaya mencegah dan memerangi korupsi.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Pojok Gusmen Lainnya Lihat Semua

Lainnya Lihat Semua