Nasional

Perdana, Kemenag Gelar Kemah Bhakti Harmoni Beragama

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Hubungan antar Kementerian/Lembaga, TNI - Pori, serta Kerukunan dan Toleransi Mohammad Nuruzzaman

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Hubungan antar Kementerian/Lembaga, TNI - Pori, serta Kerukunan dan Toleransi Mohammad Nuruzzaman

Jatinangor (Kemenag) --- Kementerian Agama menggelar Kemah Bhakti Harmoni Beragama untuk kali pertama. Kegiatan ini diinisiasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dan berlangsung di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor, Kabupaten Sumedang, 27-29 Desember 2022.

Kemah Bakti Moderasi Beragama dibuka Staf Khusus Menteri Agama Bidang Hubungan antar Kementerian/Lembaga, TNI - Polri, serta Kerukunan dan Toleransi Mohammad Nuruzzaman. Acara ini digelar bersamaan dengan pengukuhan Satuan karya Pramuka (SAKA) Amal Bhakti Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat.

Nuruzzaman, dalam sambutannya mengapresiasi Kanwil Kemenag Jawa Barat karena telah menggerakan potensi Pramuka keluarga besar Kementerian Agama. "Terlebih, ini merupakan Kemah Bhakti Harmoni Beragama pertama yang diselenggarakan di Indonesia dengan menghadirkan perwakilan umat beragama," kata Nuruzzaman.

"Saka Amal Bhakti yang melibatkan adik adik penegak perwakilan umat beragama di Jawa Barat merupakan sebuah inovasi dan prestasi Kak Ajam sebagai Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat," sambungnya.

Menurut Nuruzzaman, Kemah Bhakti Harmoni Beragama merupakan bentuk kampanye baru yang inovatif sehingga dapat mengkampanyekan dan menginformasikan kepada dunia tentang pentingnya menerima keragaman, membangun rukun, dan harmoni di masa yang akan datang.

Ia menambahkan adik-adik peserta yang mengikuti Kemah Bhakti ini juga adalah agen perubahan yang akan membawa Indonesia yang lebih hebat, lebih maju, dan lebih sejahtera lahir dan batin.

"Indonesia adalah negara majemuk, wajib mempertahankan keragaman multikultural yang harus kita jaga untuk menanamkan rasa hormat, toleransi, dan penerimaan terhadap perbedaan. Nilai-nilai agama moderat dan damai dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan beragama harus dijunjung tinggi," ujarnya.

Ia berharap acara ini dapat menjadi katalisator konten yang lebih positif yang mendukung tujuan bersama untuk membangun masyarakat yang toleran. Begitu pun adik-adik pramuka dapat memaksimalkan media digital untuk mengkampanyekan pesan-pesan agama yang moderat, inklusif, toleran, dan damai. Kita harus menyebarkan narasi-narasi keagamaan yang toleran dengan optimalisasi teknologi media sosial.

"Mari mengupayakan mengembalikan ruang digital ini menjadi tempat yang asik bagi siapa pun yang ingin berinteraksi tanpa merasa terganggu dengan narasi kebencian, sentimen, intoleran,” ajaknya.

Pelopor SAKA Amal Bhakti

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat menjadi pelopor Satuan Karya Pramuka (SAKA) Amal Bhakti Kementerian Agama Tingkat Provinsi di Indonesia. Hal itu ditandai dengan dikukuhkannya SAKA Amal Bhakti Kanwil Kemenag Jabar pada 28 Desember 2022 di Bumi Perkemahan Kiarapayung Sumedang.

Selain dihadiri Stafsus Menteri Agama Nuruzzaman, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Ajam Mustajam beserta jajarannya, Kwarda Jawa Barat yang diwakili oleh Ketua Komisi Saka Sako dan Gugus Darma Kwarda Jawa Barat Dr. Iman Pramudya Subagja, MM. para Tokoh Agama, Ketua Kwarcab se-Jawa Barat, Kepala Madrasah Aliyah se-Jawa Barat, dan siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri se-Jawa Barat serta pemuda pemudi lintas agama.

Kakanwil Kemenag Jabar Ajam mengatakan jajarannya akan terus membangun sinergitas Saka Amal Bhakti dan Kwarda Jawa Barat agar kemajuan Jawa Barat lahir dan batin dapat terwujud.

"Saya mengajak kepada semua pihak dengan lahirnya Saka Amal Bhakti, kita jadikan sebagai kekuatan baru Kementerian Agama dalam menjalin solidaritas, kebersamaan, dan harmoni antar sesama manusia tanpa membeda-bedakan ras dan agama," kata Ajam.

Ia mengatakan Kemah Harmoni Beragama diikuti oleh 77 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Jawa Barat dengan jumlah peserta setiap MAN sebanyak 20 peserta, dan dua pendamping. Selain itu, ada 20 perwakilan Non Muslim Kab/Kota se-Jawa Barat, serta 20 orang dari masing-masing Pembimas Kemenag tingkat Jawa Barat. Sehingga, jumlah total peserta 2.500 orang.

"Total 2500 orang jika dihitung belum termasuk panitia dan tamu undangan, sehingga disini berkumpul ada sekitar 3000 orang mengikuti Kemah Bakti Harmoni Beragama, yang diselenggarakan dari tanggal 27 s/d 29 Desember 2022 di Bumi Perkemahan Kiara Payung Sumedang," jelas Ajam.

Lebih lanjut Ajam menegaskan bahwa Pengukuhan Saka Amal Bakti Kemenag Jawa Barat mewujudkan rukunnya semua kader anak bangsa siswa-siswi dari berbagai agama, berkumpul bersama membangun harmoni, sukacita, bergandengan tangan dengan tulus dan rasa saling memiliki serta persaudaraan yang abadi.

Saka Amal Bakti Kemenag Jawa Barat terdiri dari enam Krida, yaitu, Krida Harmoni Beragama, Krida Literasi dan Budaya, Krida Pemantauan Produk Halal, Krida Zakat dan Wakaf, Kridan Haji dan Umrah serta Krida Hisab Rukyat. (Shinta/Novam)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua