Percepat Layanan Kepegawaian, Kemenag Aceh Rilis APIK

Takengon (Kemenag) --- Kanwil Kemenag Provinsi Aceh merilis penggunaan Aplikasi Pelayanan Informasi Kepegawaian Tahun 2020 (APIK-20). Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal mengatakan, APIK-20 dikembangkan guna meningkatkan pelayanan kepegawaian.

"Banyak keluhan terkaot lambatnya proses kenaikan pangkat. Atas dasar itulah kami berfikir, kita harus mengatasi dan mempercepat agar bisa ditangani dan tidak ada keluhan dari pegawai," kata Iqbal saat berbicara pada forum Konsinyering Penyelesaian Kenaikan Pangkat di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh yang berlangsung di Takengon, Selasa (9/3/21).

Konsinyering digelar bersama tim dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XIII Aceh. Giat ini berlangsung empat hari, 7 - 10 Maret 2021. Tim telah bekerja keras menyusun berkas kenaikan pangkat PNS dengan jumlah mencapai 502 SK ASN.

Iqbal mengatakan, aplikasi APIK-20 diluncurkan guna meningkatkan pelayanan dan memudahkan para ASN Kanwil Kemenag Aceh dalam pengurusan administrasi kepegawaian serta memangkas birokrasi.

"Jika selama ini pengurusan kepangkatan harus membutuhkan waktu yang lama, mulai dari pengurusan berkas dan lain sebagainya, sekarang lebih mudah dan praktis," tutur Iqbal.

"Dari segi biaya juga lebih murah karena bisa dilakukan secara online, sehingga ASN tidak terkendala jarak  jauh yang selama ini menguras energi dan biaya," lanjutnya. 

Kepala Kantor BKN Regional XIII Aceh, Ojak Murdani, mengapresiasi pengembangan APIK-20. Konsinyering juga berjalan efektif, dan menghasilkan skema kerja yang cepat, tepat, dan akuntabel.

"Saat ini, pelayanan harus berkiblat ke arah teknologi, dengan teknologi akan tercipta sistem kerja yang transparan, cepat, tepat, dan menghindari KKN," ungkap Ojak.

"BKN sendiri sangat siap bersinergi antara kedua instansi demi meningkatkan kinerja pelayanan kepegawaian di jajaran Kanwil Kemenag Aceh," lanjutnya. 

Kepala Subbagian Kepegawaian dan Hukum, Muhammad Khudari mengatakan, konsinyering kenaikan pangkat PNS merupakan tindak lanjut program Kepala Kanwil Kemenag Aceh sebagai upaya transformasi manajemen kepegawaian di lingkungan Kanwil Kemenag Aceh.

"Kegiatan ini diharapkan membawa perubahan di lingkungan Kemenag Aceh, sehingga manajemen kepegawaian terlaksana dengan lebih baik, baik terkait mutasi maupun kenaikan pangkat. Alhamdulillah, kita akhirnya dapat merampungkan 502 SKKP pada hari ini," tutupnya. (Humas Aceh)