Peragaan Busana Nusantara Pegawai Bimas Buddha Meriahkan HUT ke-77 RI

Jakarta (Kemenag) – Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia selalu disambut suka cita bangsa Indonesia, sejumlah kegiatan digelar sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan ini. 

Momentum hari kemerdekaan ini juga dirayakan pegawai Diretorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha dengan menggelar sejumlah kegiatan di antaranya Lomba Tiktok Moderasi Beragama, Foto Kebersamaan dan Keragaman, Bimas Buddha Award, dan Bimas Buddha Fashion Week.

Acara yang digelar di lobi Kantor Kemenag Jl. M.H. Thamrin No. 6 cukup meriah, sejumlah pegawai berlenggang di karpet merah dengan pakaian adat Nusantara dan tokoh pewayangan.

Plt. Direktur Jenderal Bimas Budha Nyoman Suriadarma yang hadir membuka acara mengatakan banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan, termasuk yang dilakukan pegawai Ditjen Bimas Buddha.

“Kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur Bimas Buddha atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari wabah Covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia,” kata Nyoman di Jakarta, Kamis (18/08/2022).

Mengutip pesan Menag saat HUT ke-77 RI bagi ASN Kemenag, Nyoman menegaskan ASN Kemenag harus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat .

"Kemarin saat peringatan HUT Kemerdekaan RI Kemenag, Gus Yaqut mengatakan bahwa bukan zamannya lagi layanan publik Kemenag memilah dan memilih siapa yang dilayani," ujar Nyoman.

Untuk itu, Nyoman mengatakan, Gus Men minta Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berpegang pada amanat undang-undang sebagai abdi negara dan ASN hadir bukan untuk dilayani masyarakat, tapi melayani masyarakat.

Ia menambahkan, pada Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara Gus Yaqut melantunkan doa yang cukup menyentuh yang berharap negara ini diberi kekuatan untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk menatap masa depan menyongsong Indonesia maju bermartabat.

“Doa ini merupakan representasi optimisme pemerintah yang diharapkan juga menjadi optimisme bagi seluruh rakyat indonesia," katanya.