Pendaftaran Dibuka, Kemenag Siapkan 161M Beasiswa PTKI

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama telah siapkan anggaran mencapai 161 miliar untuk beasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Pendaftaran program beasiswa ini dibuka mulai 6 - 30 Juni 2022.

"Ini kita buka selebar-lebarnya bagi mahasiswa yang kuliah di kampus UIN, IAIN, dan STAIN," terang Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Amin Suyitno di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Menurutnya, program ini adalah bentuk apresiasi bagi anak bangsa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik. Mereka berasal dari keluarga dalam kategori ekonomi kurang mampu.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Diktis, Syafi'i menjelaskan bahwa tahun ini pihaknya akan menggelontorkan kurang lebih 161 miliar untuk sejumlah bantuan beasiswa, baik yang on going maupun rekrutmen baru.

Ada empat skema beasiswa yang ditawarkan, yaitu: 1) Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah; 2) Beasiswa Tahfidz Qurán; 3) Beasiswa Bantuan Peningkatan Prestasi Akademik atau BPPA; dan 4. Beasiswa Adiktis dan Bantuan Lembaga Kemahasiswaan.

"Mahasiswa PTKI diharapkan dapat menangkap dan memanfaatkan peluang berharga ini," terangnya.

Kasi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba, menambahkan bahwa Beasiswa KIP Kuliah dialokasikan sebanyak 17.615 kuota dengan rincian 13.070 untuk PTKI negeri dan 4.545 untuk PTKI swasta.

Beasiswa Tahfidz Quran disiapkan kurang lebih untuk 1.000 kuota. Sedangkan BPPA ada sekitar 3.000 kuota.

Pengumuman lengkap terkait beasiswa Kemenag 2022 bisa diakses di laman https://pendis.kemenag.go.id/.