Nasional

Pemutakhiran Data EMIS Madrasah Capai 97 Persen 

Rapat Koordinasi Pengelolaan EMIS Madrasah Tahun 2022, di Serpong

Rapat Koordinasi Pengelolaan EMIS Madrasah Tahun 2022, di Serpong

Serpong (Kemenag) --- Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Rohmat Mulyana menyatakan pemutakhiran data Education Management Information System (EMIS) Madrasah telah mencapai 97 persen.

Hal ini disampaikan Rohmat saat membuka Rapat Koordinasi Pengelolaan EMIS Madrasah Tahun 2022, di Serpong. Rohmat berharap capaian ini akan berdampak besar dalam akurasi data madrasah.

“Saya sangat mengapresiasi peran Bapak dan Ibu sebagai operator EMIS Madrasah, terlebih saat ini pendataan mencapai 97 %, suatu hal yang sangat luar biasa. Pengelolaan Data yang baik, tentu menghasilkan akurasi data yang tepat" ucap Rohmat, Rabu (20/7/2022).

Seperti diketahui, EMIS merupakan sistem pendataan pendidikan yang dikelola oleh Kemenag. Seiring dengan semangat peningkatan layanan pendidikan, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag teruse melakukan revitalisasi untuk menghadirkan sistem pendataan yang semakin baik.

Rohmat menambahkan, akurasi data menjadi perhatian Kemenag. Akurasi data menjadi hal substansial dan mandatori. “Sebab semuanya tergantung data yang dimiliki. Kesalahan pada data, baik secara numerik ataupun alphabet, contohnya sekadar salah satu huruf pada nama pun akan berakibat signifikan pada sesuatu,” ungkap Rohmat.

Selain itu, lanjut Rohmat, data yang akurat menunjukan peningkatan mutu lembaga juga dibutuhkan dalam mengambil keputusan ataupun kebijakan. “Akurasi data dibutuhkan saat penyaluran bantuan maupun hal lain yang berkaitan dengan optimalisasi sebuah lembaga pendidikan, sehingga benar tepat sasaran,” ujarnya.

“Karenanya kita semua harus lebih concern terhadap akurasi data EMIS Madrasah. Jangan terkesan lambat dalam meng-update data. Apalagi, terkait kebutuhan data pihak lain,” imbuh Rohmat.

Rapat Koordinasi Pengelolaan EMIS Madrasah ini juga bertujuan untuk menyosialisasikan kebijakan baru terkait pendaatan dan pengelolaan EMIS Madrasah. “Kami sangat mengharapkan kerjasama dari kita semua agar terwujudnya sistem pendataan yang semakin baik dan akurat,” tutur Koordinator Bagian Data, Sistem Informasi, dan Humas Sesditjen Pendis Mizan Sya’roni.

Dalam kesempatan tersebut, Ditjen Pendis juga memberikan penghargaan kepada Kanwil Kemenag Provinsi pengelola EMIS Madrasah terbaik. Subkoordinator Data dan Sistem Informasi Madrasah dan PTKI, Dodi Irawan Syarif menyampaikan terima kasih atas kerjasama para operator dalam pemutahiran data EMIS Madrasah. "Semoga penghargaan ini dapat menjadi pemicu kita semua untuk melakukan usaha terbaik dalam pemutahiran data EMIS Madrasah di masa mendatang,"tuturnya


Berikut daftar Provinsi Terbaik pemutahiran data EMIS Madrasah periode semester genap tahun 2021-2022:

1. Papua Barat
2. Sulawesi Tengah
3. Kalimantan Selatan
4. Sulawesi Barat
5. Jawa Tengah
6. D.I. Yogyakarta
7. Sulawesi Utara
8. Jawa Barat
9. Sulawesi Selatan
10.Kalimantan Utara

Provinsi Terbaik pemutahiran data EMIS Madrasah periode semester ganjil tahun 2021-2022:

- Sumatera Utara


Editor: Indah
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua