Pembukaan KSM dan Myres 2022 Dimeriahkan Paduan Suara SMA Kolese Gonzaga

Jakarta (Kemenag) --- Ada yang berbeda pada pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researcher Supercamp (Myres) 2022 tingkat Nasional, di Pedepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Lagu Indonesia Raya dinyanyikan oleh kolaborasi tim paduan suara siswa SMA Kolese Gonzaga, Jakarta Selatan dan Madrasah Aliyah Negeri 22 Jakarta. Kenakan baju tradisional Betawi, mereka juga menyanyikan Mars Madrasah dan Padamu Negeri. 

"Awalnya kepala sekolah kami diundang oleh Kantor Kementerian Agama Provinsi DKI, dan diajak untuk mengkolaborasikan paduan suara SMK Kolese Gonzaga dan MAN 22 Jakarta," ujar Antonia Indriyani, guru SMA Kolese Gonzaga, menceritakan awal kolaborasi ini, saat gladi resik di TMII, Senin (10/10/2022).

"Kami berpikir, kami ini Sekolah Katolik, kok diminta mengisi acara di kegiatan Madrasah tingkat nasional. Tapi, karena semangat melayani dan juga toleransi, kolaborasi ini akan menjadi menarik," lanjutnya.

Menurut Antonio Indriyani, kesediaan SMA Kolese Gonzaga terlibat dalam kegiatan ini karena keinginan untuk melayani, tanpa melihat agama, suku dan ras. "Agama jangan dijadikan sekat untuk berkolaborasi di antara kita," tegas Antonio Indriyani.

Ada 31 siswa-siswi SMA Kolese Gonzaga dan 10 siswa-siswi MAN 22 Jakarta. Mereka menghabiskan waktu selama seminggu untuk mengharmonisikan suara.

"Awalnya yang sulit adalah mengatur waktu atau jadwal latihan. Namun setelah beberapa kali pertemuan, jadwal sudah mulai teratur dan peserta bisa hadir latihan," pungkas Indriyani. (hamam)