NGOBAR, Cara Kemenag & Pemkab Pringsewu Rawat Kerukunan

Pringsewu (Kemenag) --- Ada banyak cara untuk membangun kebersamaan, serta merawat kerukunan dan keharmonisan umat beragama. Salah satunya yang dilakukan Kepala Kantor Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Bersinergi, kedua pihak menggelar acara “Ngobar" (Ngopi Bareng) Tokoh Lintas Agama Se- Kabupaten Pringsewu. Acara ini digelar pada Minggu (30/1/22) malam.

Kepala Kantor Kemenag Pringsewu Ahmad Rifa'i menyampaikan, NGOBAR bertujuan merangkai interaksi dan komunikasi antar tokoh agama. Agedan ini menjadi wahana berdiskusi tentang berbagai persoalan kemasyarakatan sekaligus merumuskan solusi Bersama. 

"Sudah menjadi kewajiban kita agar terus berupaya memupuk hubungan yang harmonis dilandasi kebersamaan dan persaudaraan yang kuat," ungkapnya.

“Kekompakan Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, Tokoh Lintas Agama dan masyarakat Kabupaten Pringsewu menjadi syarat utama merawat kerukunan, dan ini layak untuk terus kita pertahankan," sambungnya.

Ajang ini juga menjadi sarana Rifa’i untuk menyampaikan beberapa program Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, di antaranya Haji Milenial. Dia mengajak kaum muda milenial serta orang tua muslim di Kabupaten Pringsewu untuk mendaftarkan diri atau putra putrinya yang telah berusia minimal 12 tahun menjadi calon jamaah haji, melalui program Haji Milenial Kementerian Agama.

“Dengan mendaftar pada saat usia muda, dimungkinkan nantinya mereka dapat berangkat menunaikan ibadah haji pada saat usia serta kondisi fisik masih kuat dan sehat,” tuturnya.

Kegiatan yang bertempat di Saung Kerukunan Umat Beragama Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu itu juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Sukarman, Kabag Kesra Setdakab Pringsewu Rustiyan, Kasubbag TU dan para Kasi serta Penyelenggara Katholik di Lingkungan Kankemenag Kabupaten Pringsewu, Ketua FKUB Pringsewu Mahfuz Ali, Camat Adiluwih, Seluruh Kepala KUA Kapokjaluh dan Penyuluh Agama Islam se-Pringsewu juga Tokoh Lintas Agama Kabupaten Pringsewu. (Imron)


REKOMENDASI