MTsN 2 Rembang Kembangkan Perpustakaan Digital

Rembang (Kemenag) --- Seiring dengan kemajuan teknologi, perpustakaan yang dulu identik dengan banyaknya buku yang tersusun di dalamnya, sekarang sudah bergeser ke arah digital. Membaca buku tidak harus datang ke perpustakaan, namun bisa diakses melalui ponsel di mana pun dan kapan pun.   

Hal itu yang kini dikembangkan oleh Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Rembang. Madrasah ini memberikan layanan perpustakaan pada siswa sekaligus meningkatkan budaya literasi mereka dengan menghadirkan Digital Library.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis, menyampaikan, program ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa, guru, dan masyarakat dalam mendapat informasi lewat aplikasi digital. “Silahkan memanfaatkan kemudahan ini dengan membaca, menambah pengetahuan, mencari hiburan, dan belajar dari rumah atau di mana saja melalui buku koleksi Perpustakaan Digital MTs Negeri 2 Rembang. Karena budaya literasi melalui inovasi layanan perpustakaan berbasis digital dimaksudkan untuk mewujudkan SDM andal dan unggul,” paparnya di Rembang, Jumat (11/3/2022).

Yunus Anis juga menjelaskan, walaupun pun masa pandemi Covid-19 belum berakhir, hal itu tidak menyurutkan semangat pihaknya untuk berinovasi dan berkreasi. Dia berharap banyak pengguna layanan ini, sehingga semakin besar manfaat yang diberikan Digital Library MTs Negeri 2 Rembang.

Guru Bimbingan TIK MTsN 2 Rembang yang juga admin aplikasi, Slamet Winarto, menambahkan, perpustakaan Digital MTs Negeri 2 Rembang dibuat masih sangat sederhana dengan memanfaatkan google sites dan beberapa aplikasi pendukung. Meski demikian, aplikasi ini mampu menyediakan ribuan buku, baik fiksi maupun non fiksi yang dapat diakses, dibaca, atau di download langsung dengan menggunakan ponsel, laptop, maupun PC. 

“Bukan hanya buku pelajaran saja yang tersedia, tetapi juga buku pengetahuan, keterampilan, agama, novel, cerita, antologi, komik dan lain sebagainya,” jelasnya. 

Slamet Winarto bersyukur para siswa dan guru cukup antusia untuk memanfaatkan perpustakaan digital. Hal ini bisa dilihat dari catatan buku tamu. Bahkan, tak sedikit juga masyarakat umum yang memanfaatkan perpustakaan digital MTs Negeri 2 Rembang. 

Jelita Maharani, siswa kelas 9 MTsN 2 Rembang mengaku tertarikan membaca  buku yang tersedia di perpustakaan digital.  “Saya bisa membuka buku kapan pun. Dengan tampilan yang keren, itu membuat saya menjadi terangsang untuk membaca.  Dan ini saya membaca novel untuk hiburan,” katanya sambil menunjukkan buku digital yang sedang dibaca dari ponselnya. (wient/iq)