Nasional

Milisi Islam Somalia Rebut Kota Penting Dekat Mogadishu

Mogadishu, 4/6 (Pinmas)- Milisi Islam, Minggu merebut sebuah kota penting dekat ibukota Somalia, Mogadishu setelah terjadi pertempuran singkat melawan pria-pria bersenjata anggota aliansi komandan perang dukungan AS, kata salah seorang komandan kelompok Islam itu.

Moslim Hashi, komandan milisi yang bersekutu dengan milisi Islam Mogadishu, mengatakan mereka merebut kota Balad, sekitar 30km utara Mogadishu, yang dikuasai komandan perang Musa Sudi Yalahow, seorang anggota terkemuka dari Aliansi untuk Pemulihan Perdamaian dan Kontra Terorisme (ARPCT)."Setelah pertempuran singkat, dengan bantuan Allah dan dukungan penduduk Balad, kami merebut seluruh kota itu," kata Hashi kepada AFP melalui telepon.

"Balad kini selamat dan aman dan berada dalam kekuasaan milisi Islam. Penduduk telah dibebaskan dari perlakuan buruk ARPCT," tambahnya.Sumber-sumber independen mengkonfirmasikan pengambil alihan kota strategis ini, tapi jumlah korban tidak jelas.ARPCT, yang dibentuk Februari lalu, kabarnya menerima bantuan keuangan dan dukungan intelijen dari AS untuk membantu memerangi milisi Islam, yang dituduh menampung para pejuang asing dan memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok garis keras seperti Al Qaeda.

Milisi itu, yang melancarkan perang suci terhadap aliansi itu, membantah tuduhan-tuduhan itu dan menyatakan para komandan perang itu berperang untuk "musuh Islam".(ANt/AFP/Myd)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua