Nasional

Menag: UIN Jakarta Barometer Keilmuan Keislaman

Menga Memberi sambutan pada acara IKALUIN Award

Menga Memberi sambutan pada acara IKALUIN Award

Tangsel (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu Universitas Indonesia yang menghasilkan tokoh-tokoh besar dan cendikiawan muslim di Indonesia. Bahkan, Ciputat ini menjadi barometer keilmuan, terutama dalam bidang-bidang keislaman.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri acara Ikatan Keluarga Alumni UIN (IKALUIN) Award yang digelar di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Jumat (23/12) Malam.

“Alumni UIN Ciputat ini memiliki jejaring yang kuat dan intelektualitas yang menurut saya tidak perlu diragukan lagi. Kekuatan kultur intelektual yang ada di Ciputat ini menjadi barometer keilmuan, terutama dalam bidang-bidang keislaman. Banyak nama-nama yang luar biasa, salah satunya Harun Nasution yang menjadi nama gedung ini,” ungkap Gus Men, panggilan akrabnya.

Ia pun mengibaratkan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta layaknya mercusuar untuk kebesaran keilmuan, baik di bidang keislaman, bahkan keilmuan politik. Sebab, banyak tokoh politik yang juga lahir dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Selain Pak TB Ace, yang merupakan contoh praktisi politik, ada juga pak Fahri Ali, salah satu ahli politik Islam. Jadi saya ibaratkan kalau UIN Syarif Hidayatullah ini bagai mercusuar keilmuan,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Agama memberikan Lifetime Achievement Award kepada Prof Azumardy Azra. Gus Men mengapresiasi pemberian penghargaan yang diselenggarakan IKALUIN. Ia percaya bahwa penghargaan yang diberikan ini merupakan penghargaan yang pantas diberikan kepada para tokoh yang terpilih.

“Saya yakin award yang diberikan ini benar-benar bagian dari penghargaan atas jasa-jasa besar para tokoh yang memang besar dan membesarkan UIN Syarif Hidayatullah,” jelasnya.

“Terakhir, saya ucapkan terima kasih kepada semuanya terutama pada IKALUIN yang sudah menggelar acara yang luar biasanya ini. Semoga ini bermanfaat bagi bangsa, agama dan negara kita,” tutupnya.

Hadir pada Acara ini, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, TB Ace Hasan Syadzily yang juga merupakan Ketua Umum IKALUIN Jakarta, Kepala Badan Pelaksana BPKH periode 2022 – 2027 Fadlul Imansyah, Sekretaris Jendral Kemenag Nizar Ali, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Lubis, dan sejumlah Staf Khusus, Staf Ahli Menag dan para pejabat Kementerian Agama.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Hilman Fauzi

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua