Nasional

Menag Minta Jajarannya Perbaiki Data Pendidikan dan Keagamaan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya untuk segera memperbaiki data keagamaan dan pendidikan keagamaan secara menyeluruh. Data tersebut akan digunakan sebagai basis mengambil kebijakan dan merumuskan program kerja Kementerian Agama.

“Saya serius dalam melakukan perbaikan data-data, khususnya data keagamaan dan pendidikan keagamaan,” kata Menag Yaqut saat memimpin rapat bersama para Pejabat Eselon I dan tenaga ahli menteri terkait Implementasi Renstra 2021-2024, di Jakarta, Kamis (5/8/2021).

“Bagi saya, data yang valid sangat penting untuk digunakan sebagai basis dalam merumuskan kebijakan dan program kerja,” tambahnya.

Menag mengaku sampai saat ini belum mendapatkan data keagamaan dan pendidikan keagamaan yang memadai. “Hal ini saya harap segera diperbaiki. Agar pelayanan Kemenag semakin lebih baik, kita harus punya kesadaran yang tinggi terhadap data-data pokok, yang menjadi basis untuk mendesain program,” tegas Menag Yaqut.

Menag menyebut data pendidikan Islam yang ada di Emis, dan menilai hingga saat ini belum cukup memadai. Begitu juga dengan data rumah ibadah dan ormas keagamaan, Menag menilai masih harus dibenahi.

“Ini bukan pekerjaan yang sulit, karena kita mempunyai rentang struktur yang panjang. Pemutakhiran data bukan yang sulit, ketika kita punya kemauan,” tegas Menag.

“Satu data ini harus dikejar. Dalam satu bulan ini harus dipersiapkan dengan baik,” tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua