Maulid Nabi, Wapres Singgung Penyiapan SDM Berprestasi dan Berakhlak Mulia 

Jakarta (Kemenag) --- Generasi muda Indonesia harus berprestasi namun juga wajib berakhlakuk karimah. Karenanya penyiapan sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas program nasional. Hal ini disampaikan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin  pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1443 Hijriyah, di Jakarta. 

Ma’ruf yang hadir secara virtual menyampaikan penyiapan SDM menjadi salah satu agenda utama pemerintah karena ini merupakan kunci dalam memakmurkan bumi. “Kita harus mendorong semua anak kita, generasi muda untuk menguasai iptek supaya bisa memakmurkan bumi,”ujar Ma’ruf, Senin (18/10/2021). 

“Inilah yang menjadi salah satu prioritas program nasional kita, yaitu membangun SDM,” sambungnya. 

Ma’ruf menyampaikan, generasi unggul dalam era digital saat ini adalah mereka yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. “Ini (cara) menjadi generasi yang unggul dari segi prestasi. Tapi perlu diingat etika dan akhlak adalah penyemburna prestasi itu sendiri,” tutur Ma’ruf yang juga didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin. 

Karenanya, lanjut Ma’ruf, generasi muda selayaknya tetap menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan. Baik dari segi cara berpikir, cara bergaul, hingga cara berprestasi, tetapi tetap memiliki akhlak yang baik. 

“Keberhasilan dan keteladanan Rasulullah SAW sudah tidak perlu dipertanyakan dan diragukan. Jadi Rasulullah adalah teladan yang tepat,” ungkap Ma’ruf Amin. 

Ma’ruf juga menambahkan generasi yang berakhlakul karimah dapat menginspirasi dangan membangun silaturahmi dengan sesama manusia dan membangun hubungan yang erat dengan Allah SWT. 

Ia juga menuturkan Islam memerintahkan umatnya untuk terus menggali dan membaca agar bisa menguasai iptek. Salah satu wujudnya dengan melakukan penelitian dan riset untuk memahami tiap permasalahan yang ada. 

“Itulah sebenarnya yang kita kembangkan sekarang dan menjadi target pemerintah,”tutur Ma’ruf. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan Tahun 1443 H, digelar secara hybrid, dan dipusatkan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama RI. Adapun tema yang diangkat dalam peringatan tahun ini adalah Menebar Empati Perkuat Silaturahmi.