Manasik Haji, Dirjen PHU Dorong Kanwil Sinergi dengan Ormas Islam dan KBIHU

Mataram (Kemenag) --- Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) tengah menggencarkan program peningkatan kualitas manasik haji dan manasik haji sepanjang tahun. Program ini dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Ke depan, Dirjen PHU Hilman Latief mendorong para Kepala Kanwil Kemenag Provinsi juga dapat menjalin kerja sama dengan ormas Islam dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

“Untuk pelaksana, saya berharap, ke depan masih ada beberapa pelatihan yang bisa dilakukan secara mandiri, apakah bekerjasama dengan FK KBIHU, atau mitra yang lain seperti Ormas. Sehingga kita punya pembimbingan bersertifikat yang cukup,” terang Hilman Latief saat menutup pelaksanaan Sertifikasi Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (28/9/2022).

“Sebab, pembimbingan ibadah haji lokusnya ada di daerah, termasuk kabupaten/kota, sehingga perlu banyak pembimbing profesional,” sambungnya.

Hilman mengapresiasi semangat para pembimbing ibadah haji dalam mengikuti sertifikasi. Menurutnya, digelar sejak 2017, sertifikasi bertujuan mempersiapkan pembimbing ibadah haji dan umrah yang memiliki kapasitas, pengetahuan dan keterampilan yang standar dalam membina jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci Makkah.

“Kami bersyukur dengan berjalannya program sertifikasi pembimbing ibadah haji dan umrah di NTB. Dari ini, kami harap lahir para pembimbing professional yang akan memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji,” sebutnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan UIN Mataram dan Asrama Haji dalam pelaksanaan sertifikasi pembimbing ibadah haji dan umrah di Nusa Tenggara Barat,” tandasnya.