MAN IC Pekalongan sambut 96 Siswa Baru Hasil Seleksi Ribuan Peserta

Pekalongan (Kemenag) --- Sebanyak 96 siswa baru MAN Insan Cendekia Pekalongan didampingi oleh orang tua mengikuti seremonial penyambutan dari pihak sekolah, bertempat di Gedung Serba Guna, Sabtu (23/7/2022). Pertemuan yang digelar dalam rangka menyambut siswa baru di tahun pelajaran 2022/2023 berlangsung lancar.

“Peminat pendaftar siswa pada tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya yaitu mencapai lebih dari 3.000 pendaftar dan 96 siswa yang diterima di MAN Insan Cendekia Pekalongan didominasi dari daerah Jawa Tengah, diikuti dengan provinsi lain di pulau Jawa, dan NTB,” kata Kepala Madrasah Khoirul Anam saat memberikan kata sambutan.

Dalam sambutan tersebut kepala madrasah juga memaparkan secara singkat tentang profil MAN Insan Cendekia Pekalongan yang merupakan satu kesatuan dari keluarga besar MAN Insan Cendekia se Indonesia. Dipaparkan juga 14 program unggulan yang sudah dikembangkan pada madrasah.

“Orang tua tidak perlu khawatir, titipkan 100%  anak-anaknya di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Sebab madrasah sudah menyiapkan bermacam program untuk pengembangan prestasi dan diri siswa, seperti qira’atul qur’an, homestay, studi kolaborasi, klinik dan responsi, bimbingan belajar intensif, karantina tahfidz, dan lain sebagainya," ucapnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Pengurus Komite Madrasah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Kasubag TU Kementerian Agama Kota Pekalongan, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kasubdit Kesiswaan KSKK Madrasah Kemenag RI. 

Pengurus komite menyampaikan harapannya kepada Kepala Madrasah supaya dapat menjadikan MAN Insan Cendekia Pekalongan menjadi yang terbaik. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan peserta didik baru secara simbolis oleh ketua komite kepada MAN ICP. 

“Bismillah kita serahkan untuk menjadi anak-anak yang sholeh sholehah sukses dunia akhirat. Sekali lagi hari ini detik kami serahkan anak-anak kami untuk bapak didik untuk bapak bimbing, insyaAllah kami hanya menanti hasilnya yang terbaik,” ucap Zaenal Arifin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Zainul Hakim menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada MAN Insan Cendekia Pekalongan. “Atas nama pemerintah Kota Pekalongan sudah barang tentu kami bersyukur dan bangga apresiasi kepada MAN Insan Cendekia Pekalongan. Kehadiran MAN IC sebagai bagian dari pendukung perwujudan visi misi Kota Pekalongan, ini tentunya Pemerintah Kota Pekalongan wajib untuk mendukung. Oleh karena itu tentunya kami ikut bersyukur dan bangga nama harum Kota Pekalongan terangkat,” ujarnya.

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Saifulloh juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah mendampingi anak didiknya 24 jam. Mewakili Direktorat KSKK Madrasah, Sementara Kasubdit Kesiswaan Nanik Puji Hastuti menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung di MAN Insan Cendekia.

Penyambutan siswa baru  MAN Insan Cendekia Pekalongan dimaksudkan memberikan pembekalan siswa dan orang tua untuk menghadapi sistem Kegiatan Belajar Mengajar yang diterapkan di MAN Insan Cendikia Pekalongan yang telah ditetapkan menggunakan kurikulum merdeka. (Dini)