Internasional

Mahasiswa IAIN Batusangkar Juara I MTQ Antar Mahasiswa PAI Se-Asia Tenggara

Feni Mardika

Feni Mardika

Batusangkar (Kemenag) --- Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Feni Mardika meraih Juara 1 Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional antar Mahasiswa PAI Se-Asia Tenggara.

MTQ Internasional ini diikuti perwakilan dari empat negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Total ada 41 peserta dari 25 Perguruan Tinggi. Lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) FTIK IAIN Batusangkar ini digelar secara daring.

Feni Mardika tercatat sebagai mahasiswi PAI semester VII FTIK IAIN Batusangkar. Dia berhasil memperoleh nilai 91 dari dewan juri, dengan rincian: Tajwid 29, Fasohah 28, dan irama 34.

Untuk juara kedua diraih Bazir Abdurrahman dari UIN Walisongo Semarang. Posisi ketiga diraih Mohd Fauzan Amir Bin Raihan dari National Univesity Of Malaysia. Selain itu, ada juara harapan 1 (Rahmat Tawakkal Sobbari dari IAIN Palangkaraya), harapan 2 (Aisya Nur Fahira dari UIN Sultan Adji Muhammad Idris Samarinda), dan haparan 3 (Mutia Safitri dari IAIN Langsa).

MTQ ini digelar 6-14 September 2021. Peserta mengirim video untuk seleksi tahap penyisihan. Saat final pada 13 September, dilakukan secara live zoom. Pengumuman pemenang disampaikan secara live zoom dan ditutup secara resmi oleh Rektor IAIN Batusangkar.

Rekor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora, mengapresiasi prestasi Feni Mardika. “Selamat kepada semua pemenang, semoga menjadi duta generasi qur’ani, melestarikan khazanah Islam di tengah-tengah masyarakat, dan menjadi agen perubahan,” harap Marjoni, Selasa (14/9/2021).

“Anda semua sudah memberikan yang terbaik dalam ikhtiarnya mengembangkan seni tilawah al-Qur’an dan tentu akan membanggakan perguruan tingginya masing-masing,” terang Mantan WR II IAIN Batusangkar ini.

Marjoni berharap kompetisi ini bisa menjadi ajang meningkatkan interaksi mahasiswa dengan Al-Qur'an dan mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Batusangkar Sirajul Munir memberikan selamat kepada Feni Mardika dan berharap dapat menginspirasi mahasiswa lainnya.

“Prestasi ini penting untuk FTIK dan semoga mampu mendorong Akreditasi Unggul pada Jurusan PAI di tahun mendatang,” kata Sirajul Munir.(RB)


Editor: Moh Khoeron

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua