Pers Rilis

MABIMS Tetapkan Indonesia Jadi Penyelaras Bidang Pendidikan dan Penghayatan Beragama

Wamenag Zainut Tauhid berpose bersama Menteri Agama Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura, Rabu (8/12/2021).

Wamenag Zainut Tauhid berpose bersama Menteri Agama Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura, Rabu (8/12/2021).

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) menggelar pertemuan secara virtual pada Rabu (8/12/2021). Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah menetapkan Indonesia sebagai Negara Penyelaras Bidang Pendidikan dan Penghayatan Beragama.

“Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menjalankan amanat ini, semoga dalam waktu lima tahun ke depan dapat mencapai outcome yang optimal yaitu meningkatkan pendidikan dan memperkukuh penghayatan beragama di kalangan negara-negara MABIMS,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid yang hadir mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Wamenag Zainut Tauhid berharap, semoga pengalaman Indonesia dapat menjadi referensi penting bagi negara MABIMS. Alasannya, lanjut Zainut, Indonesia merupakan negara yang secara geografis terluas, terbanyak dan beragam penduduknya di antara negara anggota MABIMS lainnya.

“Selain itu, yang tak kalah penting adalah “_flying minutes_” dalam rangka penetapan imkanur rukyah MABIMS terbaru dapat direalisasikan pada tahun ini,” ujar Wamenag.

“Sehingga kriteria tersebut dapat kami gunakan sesegera mungkin pada tahun 2022 mendatang,” imbuhnya.

Ia juga berharap hubungan di antara Menteri MABIMS dapat terjalin lebih akrab. “Tidak hanya bertemu dalam forum MABIMS dua tahunan, namun dapat bertemu sewaktu-waktu baik secara bilateral maupun multilateral,” tutur Wamenag.

Dalam pertemuan kali ini juga diluncurkan Buku Rencana Strategik MABIMS tahun 2021-2025. Hadir dalam pertemuan MABIMS 2021 Menteri Hal Ehwal Ugama Negara Brunei Darussalam Pehin Dato Uztaz Haji Badaruddin Othman, Menteri di Jabatan Perdana Menteri (Hal Ehwal Agama) Negara Malaysia Tuan Haji Idris bin Ahmad, dan Menteri Pembangunan Sosial Keluarga, Menteri Kedua Kesihatan dan Menteri Bertanggung Jawab Masyarakat Islam Negara Singapura Encik Masagos Zulkifli bin Masagos Muhammad.

Turut hadir pula Menteri Senior Penanggung Jawab Misi Khusus Urusan Islam Kerajaan Kamboja Oknha Datuk Dr. Othsman Hassan, para Pejabat Kanan Kementerian Hal Ehwal Agama negara-negara MABIMS, serta Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama.

Humas


Editor: Indah
Fotografer: Rikie Andriyawan

Pers Rilis Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua