Nasional

Ma'had Aly Lirboyo Kini Buka Program Pascasarjana S2

Menag usai menandatangani prasasti Ma'had Aly Lirboyo Marhalah Tsaniyah

Menag usai menandatangani prasasti Ma'had Aly Lirboyo Marhalah Tsaniyah

Kediri (Kemenag) --- Ma'had Aly Lirboyo kini membuka Marhalah Tsaniyah atau Program Pascasarjana Strata-2 (S2). Pembukaan program ini diresmikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat berkunjung ke Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gus Menteri didampingi pengasuh PP Lirboyo KH M Anwar Manshur dan KH An'im Fallahuddin Mahrus dan KH Abdullah Kafabihi Mahrus. Menag lalu menyerahkan SK Ma'had Aly Lirboyo Marhalah Tsaniyah kepada KH Anwar

Kepada keluarga besar dan pengasuh PP Lirboyo Kediri, Menag mengatakan Presiden Joko Widodo sangat menaruh perhatian terhadap keberadaan dan perkembangan pesantren di Indonesia. Sejumlah pesantren sudah memiliki sejarah panjang, bahkan berdiri sebelum Indonesia merdeka, termasuk Pesantren Lirboyo.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama memastikan keberpihakan terhadap pesantren," ujar Menag, di Kediri, Jumat (25/6/2021).

"Saya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk keluarga besar PP Lirboyo Kediri. Silaturahim ini sekaligus sosialisasi kami terkait panduan penyelenggaraan perayaan Iduladha 1442 H, dalam menekan pandemi Covid-19 yang saat ini angkanya terus melonjak," sambung Menag.

Menag meminta doa dari para kyai dan pengasuh pesantren Lirboyo agar pandemi segera berakhir. Usai dari PP Lirboyo Kediri, kunjungan silaturahim Menag dilanjutkan dengan sowan ke pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Mojo, Kabupaten Kediri.

Menag sowan dan juga meminta doa kepada KH Zainudin Djazuli, KH Nurulhuda Djazuli dan keluarga besar PP Al Falah Ploso Kediri agar pandemi Covid-19 di negeri ini segera berakhir.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua