Daerah

M. Andi Saputra Mahasiswa IAIN Samarinda Juara Nasional Tahfidz PTQ RRI

M Andi Saputra, mahasiswa IAIN Samarinda raih prestasi pada PTQ RRI Palembang

M Andi Saputra, mahasiswa IAIN Samarinda raih prestasi pada PTQ RRI Palembang

Samarinda (Kemenag) --- Satu lagi prestasi di ajang nasional dipersembahkan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Adalah M. Andi Saputra, Mahasiswa IAIN Samarinda ini berhasil meraih Juara I Cabang Tahfizd 15 Juz pada Pekan Tilawahil Qur'an (PTQ) RRI Tingkat Nasional ke-51 di Palembang.

Sebagai Juara II berasal dari RRI Yogyakarta, dan Juara III adalah RRI Denpasar. Kompetisi antar mahasiswa yang digelar Radio Republik Indonesia ini berlangsung pada 1 - 4 Mei 2021.

Andi saat ini tercatat sebagai mahasiswa Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). Dia mewakili Korwil Kalimantan ke PTQ RRI Nasional di Palembang, setelah menyabet Juara 1 PTQ RRI Kaltim.

Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) RRI Nasional di Palembang diikuti 17 Korwil dari seluruh Indonesia dengan jumlah peserta 2.500 orang. Jumlah ini lebih banyak jika dibanding pada penyelenggaraan tahun 2019, yaitu sebanyak 2.000 peserta.

Andi mengikuti cabang tahfidz dari 3 jenis perlombaan dalam ajang PTQ RRI, yaitu Tilawah, Tausiyah, dan Tahfizd. Mahasiswa Semester 2 ini mengatakan, keberhasilannya berkat dukungan dari lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam'iyyatul Qurra' Wal Huffadzh (JQH) IAIN Samarinda.

"Ada rasa bahagia bisa menjadi juara di event Nasional. Saya berharap semakin banyak lagi mahasiswa IAIN Samarinda yang berprestasi dalam even-even nasional," jelasnya di Samarinda, Kamis (5/5/2021).

Wakil Rektor Bidiang Kemahasiswaan dan Kerjasama M. Abzar, mewakili pimpinan menyampaikan apresiasi atas prestasi Andi. “Raihan Juara ini merupakan berkah tersendiri bagi masyarakat Kaltim pada umumnya, dan secara khusus keluarga besar IAIN Samarinda,” katanya.

Abzar berharap, prestasi ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain, sehingga dapat meraih prestasi serupa di masa yang akan datang. (Humas/RB).


Editor: Moh Khoeron

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua