Lulus MAN IC Serpong, Farrel Alfaza Harumkan Nama Indonesia di Ajang Internasional

Serpong (Kemenag) --- Farrel Alfaza Marsetyo baru saja menyelesaikan pendidikannya di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong. Belum lama meninggalkan madrasahnya, siswa angkatan 24 ini mengharumkan nama Indonesia, meraih Medali Perak dalam ajang  32nd International Biology Olympiad (IBO) 2021 Lisbon Portugal.

Lomba cabang biologi internasional ini berlangsung dari 18 - 24 Juli 2021 dan diikuti kurang lebih 76 negara.

Keikutsertaan Farrel Alfaza pada ajang ini melalui seleksi yang panjang dan ketat. Siswa yang akrab disapa Alfaza ini akhirnya berhasil mewakili Indonesia bersama tiga siswa dari sekolah lainnya. Bersama Tim Olimpiade Biologi Indonesia, Alfaza meraih silver medal. Namanya bersanding dengan negara lain yang juga meraih medali perak seperti Germany, Mongolia, Slovenia, Belarus, South Korea, India, Armenia, Hungary, Switzerland, dan Czech Republic.

“Yang pasti saya sangat senang bisa berhasil mewakili Indonesia di ajang internasional, sekaligus bisa mendakwahkan Islam melalui prestasi,” tutur Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM yang lolos jalur SNMPTN ini, mengungkapkan rasa harunya atas raihan prestasi IBO, Minggu (25/7/2021).

Bagi Alfaza belajar adalah ibadah, prestasi adalah dakwah.

Meski IBO tahun ini diikuti secara daring/ online, hal tersebut tetap merupakan pengalaman berharga bagi Alfaza dan sama sekali tak menyurutkan semangatnya untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia. “Luruskan niat, kuatkan tekad, dan berikhtiar dengan doa dan usaha. Lalu juga minta rido dari guru dan orang tua,” pesan Alfaza untuk siswa Indonesia khususnya madrasah agar mampu berprestasi internasional seperti dirinya.

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit mengaku haru dan bangga atas capaian Alfaza. Apalagi, prestasi ini diraih pada situasi pandemi Covid-19. Dia berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelasnya di MAN IC Serpong maupun siswa madrasah lainnya.

International Biology Olimpiad 2021 merupakan even olimpiade berjenjang dari tingkat madrasah/sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional sampai internasional. Di Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan oleh kemendibud RI.