Nasional

Lepas 86 Mahasiswa Magang, Kepala BPJPH Apresiasi Program Kampus Merdeka

Pelepasan 86 mahasiswa peserta program magang, di Gedung BPJPH, Jumat (8/7/2022)

Pelepasan 86 mahasiswa peserta program magang, di Gedung BPJPH, Jumat (8/7/2022)

Jakarta (Kemenag) --- Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Muhammad Aqil Irham mengapresiasi Program Kampus Merdeka yang diusung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Apresiasi ini disampaikan Aqil saat Pelepasan 86 mahasiswa peserta Program Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Kemendikbudristek, di Kantor BPJPH, Jakarta.

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, khususnya Direktur Jenderal Pendidikan Tingggi Prof Ir. Nizam, M.Sc, Ph.D atas terlaksananya Program Mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka Kemendikbudristek di BPJPH selama enam bulan ini." kata Aqil Irham di Gedung BPJPH, Jum'at (8/7/2022).



"Atas nama BPJPH Kemenag kami menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbudristek, juga kepada Pak Dirjen Pendidikan Tinggi yang telah memberikan program hingga terlaksana dengan sangat baik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Aqil Irham mengatakan bahwa keberadaan para mahasiswa magang selama 6 bulan sangatlah membantu tugas dan fungsi berbagai bidang di BPJPH. Terlebih, sebagai sebuah Badan Layanan Umum (BLU), BPJPH memiliki tanggung jawab terutama berupa pelayanan publik yang maksimal, khususnya layanan sertifikasi halal bagi produk yang terdiri atas barang dan jasa, baik dari dalam maupun luar negeri.

Di samping itu, ketersediaan jumlah pegawai di BPJPH pada saat program magang dimulai hanya 131 PNS dan 54 tenaga PPNPN. Untuk itu, keberadaan para mahasiswa dirasa sangat penting untuk berperan dalam mendukung dan mensupport terwujudnya layanan yang prima di BPJPH.

"Sebab semua pelaku usaha yang mendapatkan pelayanan BPJPH harus dilayani secara maksimal, secara berkualitas dengan pelayanan prima." lanjut Aqil Irham menegaskan.

"Keluarkan semua kemampuan dan potensi yang dimiliki agar muncul prestasi sebaik mungkin, kinerja yang baik, disiplin dan sungguh-sungguh untuk menjadi bekal adik-adik semua di masa yang akan datang untuk membawa Indonesia menjadi lebih maju," imbuh Aqil Irham.

Kepada para mahasiswa, Aqil Irham juga berpesan agar pengalaman yang diperoleh selama magang di BPJPH dapat bermanfaat dan membantu mereka mengetahui dunia profesi untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional. Terlebih, untuk memasuki dunia profesi tentu tidak cukup hanya belajar di kelas, dari laboratorium, ataupun dari perpustakaan. Pengalaman diperoleh dengan menerjunkan diri secara langsung di dunia profesi.

"Dan itulah pengalaman yang sesungguhnya dan merupakan bekal yang sangat penting.” ungkapnya.

86 mahasiswa Program MSIB Kampus Merdeka tersebut berasal dari 46 perguruan tinggi. Berdasarkan domisili, 86 mahasiswa tersebut berasal dari 14 provinsi di Indonesia. Seluruh mahasiswa Program MSIB Kampus Merdeka tersebut telah bertugas di BPJPH selama satu semester, dimulai sejak 10 Februari hingga 8 Juli 2022.

Hadir dalam acara Kepala Pusat Sertifikasi dan Registrasi Halal Mastuki, Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan JPH A Umar, dan Dosen Pembimbing Lapangan Program MSIB Mitra BPJPH Deasy Silvia. Hadir pula secara virtual Sekretaris BPJPH M Arfi Hatim, Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal Siti Aminah, dan anggota Tim Program MSIB Jihad Wafda. Hadir pula para Mentor program magang beserta jajaran pejabat dan pegawai BPJPH. []


Editor: Indah
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua