Langkah Kemenag Flotim Gandeng FKUB Ajak Masyarakat Pray From Home Diapresiasi

Larantuka (Kemenag) --- Kemenag Flores Timur (Flotim) menggalakkan masyarakat untuk Berdoa Dari Rumah (Pray From Home) agar pandemo segera berakhir. Upaya ini dilakukan dengan mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Flotim.

lnisiatif Kemenag tersebut diapresiasi oleh Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hajon. "Sebagai Bupati Flores Timur, saya  menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kantor Kementerian Agama dan FKUB Flores Timur atas inisiatif yang sangat baik dan bermanfaat ini," ungkap Antonius Gege Hajon saat memberikan sambutan secara virtual pada kegiatan Berdoa Dari Rumah (Pray From Home), Selasa (27/7/2021). Bupati Antonius Gege mengikuti acara ini dari rumah dinasnya.

Kegiatan ini melibatkan beberapa komponen masyarakat, antara lain:  unsur Forkompimda, organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, para pimpinan BUMN/BUMD, serta para pemuka agama. Acara ini berjalan aman dan lancar serta mendapat atensi yang dari umat beragama di Kabupaten Flores Timur.

Para pemimpin agama atau rohaniwan yang membawakan doa yakni RD. Bernadus Bala Kerans (Katolik), H. Muhammad Syahrir Gunawan (Islam), Pdt. Paulus Bambang Irawan Matoneng (Kristen), dan I Made Budana (Hindu).

Antonius Gege Hajon menegaskan Flores Timur juga merupakan salah satu daerah yang mengalami situasi buruk ini (pandemi). Puluhan korban terpapar dan kehilangan keluarga dan sahabat.

"Ini duka kita. Ini pengalaman yang mesti terus mengingatkan kita semua untuk tetap memiliki optimisme bertahan hidup dengan berbagai cara dan sikap. Tentu hal yang mesti kita ikuti dan kita buat yakni membiasakan pola hidup sehat, mengikuti  protokol kesehatan 5 M dan mentaati imbauan pemerintah dan lembaga agama," jelasnya.

Karena itu, menurutnya, butuh kesadaran bersama untuk mengupayakan semua cara yang bisa membantu meredam laju dan semakin meluas dan masifnya akibat Pandemi Covid.

"Pemerintah telah melakukan berbagai tindakan dan kebijakan berdasarkan aturan yang bisa menolong meredam pandemi ini. Berbagai aturan telah diterapkan, seperti Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat serta edukasi dan sosialiasi pembiasaan hidup dengan protokol kesehatan 5M: menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," jelasnya.

Bupati Flotim menggarisbawahi bahwa pada titik tertentu, setiap orang perlu ruang tersendiri untuk kembali ke diri. Memberi ruang spiritual dengan berdoa memohon kehadiran dan kekuatan Tuhan Yang Maha Kuasa agar pandemi ini segera berlalu dan masyarakat dapat kembali melaksanakan tugas masing-masing dengan lebih baik, aman, dan lancar.

Bupati berharap, kegiatan Doa dari Rumah, Pray From Home ini dapat mengetuk Pintu Surga sehingga  Tuhan, Allah yang Satu dan Esa  memberikan rahmat kesembuhan dan perlindungan, rahmat pembebasan dari malapetaka Covid 19 ini.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon menyampaikan terima kasih kepada Bupati Flores Timur yang berkenan memberi perhatian atas terselenggaranya Pray From Home. Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dan unsur Forkompimda Flores Timur yang turut ambil bagian dalam ikhtiar ini.

"Kita berdoa untuk keselamatan bangsa dan daerah kita, teristimewa untuk para korban meninggal dunia agar dapat diberi tempat yang istimewa di surga, yang menderita sakit dapat disembuhkan, mohon kesehatan dan kekuatan untuk para relawan serta tenaga kesehatan yang berjuang mengatasi wabah ini," harap Martinus Tupen Payon. (***peter)