Nasional

Laki-laki Jangan Seenaknya Poligami

Yogyakarta, 11/12 (Pinmas) - Laki-laki jangan seenaknya melakukan poligami karena Islam memberi persyaratan ketat seperti bersikap adil, istri tidak bisa memberi keturunan, tidak mampu memberi nafkah batin atau sakit yang kemudian memberikan izin kepada suaminya untuk beristri lagi.

"Poligami harus dengan pertimbangan matang, jangan sembarangan melakukannya untuk kemudian seorang laki-laki menelantarkan salah satu istrinya," kata Wakil Ketua DPRD DIY Gandung Pardiman di Yogyakarta, Senin. Selain itu, kata dia, meski poligami diizinkan dalam Islam, tetapi Islam memperbolehkannya dengan syarat ketat tersebut termasuk harus bersikap adil. "Karena syarat itu ketat maka diharapkan laki-laki tidak gampang melakukan poligami," katanya.

Ditanya rencana pemerintah ingin mengatur poligami, ia mengatakan mungkin yang perlu diatur masalah kemampuan laki laki memberikan nafkah lahir. Artinya, salah satu istrinya jangan sampai terlantar. "Kalau soal poligaminya tidak perlu diatur, yang perlu laki-laki itu berpoligami harus disertai tanggung jawab," katanya. Ia menambahkan, poligami tidak masalah jika memang laki-laki itu mampu dalam segala hal. "Tetapi juga tidak perlu disikapi secara berlebihan karena laki-laki yang tidak berpoligami di negara ini masih sangat banyak," katanya.(Ant/MYD)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua