Nasional

Lagi, Sembilan Kloter Jemaah Haji Berangkat ke Madinah

Kepala Bito Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin

Kepala Bito Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin

Pondok Gede (Kemenag) --- Fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia sudah berlangsung sembilan hari. Sebanyak 23.178 jemaah telah diberangkatkan ke Madinah.

Hari ini, kembali diberangkatkan 3.619 jemaah yang terbagi dalam sembilan kloter dari lima embarkasi. Masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede atau JKG (786 jemaah), Jakarta – Bekasi atau JKS (820), Solo atau SOC 1 (720), dan Surabaya atau SUB (900). Satu kloter dari embarkasi Medan (MES) dengan 393 jemaah.

“Jemaah haji sakit per hari ini sebanyak 43 orang, 38 orang dengan rawat jalan dan 5 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Jemaah wafat menjadi 2 orang, 1 dari embarkasi Jakarta – Pondok Gede dan 1 dari Embarkasi Padang,” papar Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (13/6/2022).

“Sesuai laporan petugas kesehatan, dari jumlah jemaah yang telah tiba di tanah suci, 40.10% memiliki potensi risiko tinggi terhadap kesehatannya. Kami mengimbau seluruh jemaah untuk beristirahat cukup dan jangan beraktifitas yang dapat menyebabkan kelelahan berlebih,” lanjutnya.

Fauzin kembali mengingatkan kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat panas. Suhu tertinggi pada siang hari mencapai 46 derajat celsius, sementara suhu terendah 38 derajat celsius pada dini hari. Menurut Fasuzin, ini menjadi cuaca dengan status siaga dan harus menjadi perhatian seluruh jemaah.

“Batasi aktivitas di luar ruangan. Jika akan keluar, lengkapi dengan alat pelindung diri dan memakai alas kaki,” pesannya.

“Jemaah haji kami imbau jangan menunggu haus untuk minum, mengonsumsi vitamin, dan menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu serta dan istirahat yang cukup,” tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua