Lagi, Kemenag Gelar Diklat Kepemimpinan untuk Aktivis Mahasiswa PTKI

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama kembali menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Nasional (Diklatpimnas). Gelaran kali kedua ini diikuti 80 aktivis mahasiswa dari 58 kampus Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Negeri dan 22 PTKI Swasta.

Diklatpimnas berlangsung seminggu, 6-12 Desember 2021. “Mereka yang bisa mengikuti Diklatpimnas ini adalah pengurus organisasi kemahasiswaan intra kampus,” kata Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendis-Kemenag, Suyitno, Minggu (05/12/2021).

Diklatpimnas II mengusung tema “Rebranding Kepemimpinan Mahasiswa PTKI: Penguatan Literasi Keagamaan, Moderasi, dan Teknologi di Era Supremasi Digital”. Suyitno menegaskan, peserta Diklatpimnas harus mengikuti semua sesi dan mengimplementasikan diklatnya dengan sebuah Proyek Perubahan.

"Di penghujung diklat, peserta harus membuat proyek perubahan. Mereka harus membuat artikel untuk media massa dan vlog sesuai tema,” kata Suyitno.

Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Sidik Sisdiyanto mengatakan, Diklatpimnas II digelar hybrid, daring dan luring. Sesi ceramah-dialog, brainstorming, problem solving, role playing, pemutaran film, diskusi, demonstrasi, refleksi, dan dinamika kelompok dilakukan secara daring. Sedangkan kegiatan luringnya, akan dilaksanakan 13-15 Desember 2021 di Kota Serang-Banten.

“Peserta dinyatan lulus Diklatpimnas II 2021 jika kehadirannya mencapai minimal 90% dari semua sesi yang disediakan panitia dan difaslitasi UIN Sultan Maulana Hasanuddin-Banten,” kata Sidik.

Narasumber terkonfirmasi pada diklat ini, menurut Person In Charge (PIC) DIKLATPINMAS II,  Amiruddin Kuba, di antaranya adalah Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pacasila (BPIP) Yudian Wahyudi, Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron, dan Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah.

“Sengaja dihadirkan intelektual dan pejabat negara dalam rangka menambah wawasan berpikir dan juga kepemimpinan. Sebab, mahasiswa ini yang kelak akan memimpin negeri ini,” kata Amiruudin yang juga  Kepala Seksi Kemahasiswaan pada Ditjen Pendis.

Diklatpimnas kali pertama digelar pada tahun 2020. Saat itu, panitia pelaksana Diklatpimnas adalah UIN Walisong, Semarang. (maspipo)