Nasional

Lagi, Kemenag Buka Rekrutmen Calon Pelatih Provinsi Program PKB Guru PAI

Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah

Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, kembali membuka Rekrutmen Calon Pelatih Provinsi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru PAI Tahap-2. Pendaftaran dan upload dokumen dibuka mulai 8 - 16 Maret 2022.

Direktur PAI, Amrullah mengatakan, rekrutmen tahap ke-2 ini dimaksudkan untuk optimalisasi Program PKB GPAI pada PAUD-TK dan Sekolah.

“Seleksi ini merupakan langkah untuk mendapatkan pelatih yang memiliki kompetensi dan penguasaan substansi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), serta teknis pembelajaran yang efektif, interaktif, dan komunikatif,” kata Amrullah di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Dikatakan Amrullah, tahun 2021, Direktorat PAI menyeleksi 1.345, dan yang lolos hingga tahap Training of Trainer (ToT) 437 guru dan pengawas PAI. “Guru PAI di semua jenjang maupun pengawas PAI dapat ikut terlibat dalam seleksi Calon Pelatih Provinsi Program PKB GPAI Tahap-2,” harapnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat PAI Rizky FA menjelaskan, bagi guru PAI yang ingin mengikuti seleksi, harus memenuhi sejumlah persayaratan, yaitu: terdaftar pada SIAGA dengan status mengajar aktif, memiliki sertifikat pendidik, pernah menjadi Master Trainer/Pelatih/ Instruktur dibuktikan dengan sertifikat kepelatihan yang dimiliki, dan memiliki karya inovasi atau karya tulis dengan laporan karya atau link karya yang sudah dipublikasi.

Sedangkan untuk pengawas, lanjut Rizky, persyaratan mendaftar meliputi: terdaftar pada SIAGA dengan status mengajar seluruh guru binaannya aktif, memiliki sertifikat pendidik, memiliki sertifikat Diklat Pengawas, pernah menjadi Master Trainer/Pelatih/Instruktur dibuktikan dengan sertifikat kepelatihan yang dimiliki, dan memiliki karya inovasi atau karya tulis dibuktikan dengan laporan karya atau link karya yang sudah dipublikasi.

“Ada beberapa tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, test CBT, wawancara, pelaksanaan Training of Trainer (ToT), dan penetapan kelulusan.” terang Rizky.

Rizky menambahkan, pendaftaran dan upload dokumen dilakukan dalam rentang 8 - 16 Maret 2022. Dokumen peserta akan diverifikasi dan validasi oleh Kanwil mulai 10 - 17 Maret 2022. Sedangkan jadwal test akan disampaikan melalui kartu tes yang dapat diunduh melalui akun SIAGA mulai 19 - 21 Maret 2022.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua