Konsultasi Halal Hadir di Pameran UMKM Sumbar Malagak

Padang (Kemenag) --- Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) membuka konsultasi jaminan produk halal (JPH) dalam Pameran UMKM Sumbar Malagak. Pameran yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat ini berlangsung di GOR Agus Salim, Kota Padang, Sumater Barat mulai 29 September - 2 Oktober 2022. 

Di  stan Halal Indonesia, para pengunjung dapat berkonsultasi terkait berbagai program BPJPH. Salah satunya Sertifikasi Halal Gratis (Sehati). Di sana, ada tim BPJPH, Satgas Halal Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, perwakilan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), serta Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LPPPH) yang akan melayani konsultasi para pengunjung. 

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengapresiasi partisipasi BPJPH dalam pameran yang digelar sebagai rangkaian HUT ke-77 Provinsi Sumatera Barat. "Pelaku usaha di Sumbar harus memanfaatkan program Sertifikasi Halal Gratis ini," ujar Mahyeldi saat berkunjung di stan BPJPH, Kamis (29/2/2022). 

Baca juga: 80 UMK Sumbar Terima Sertifikat Halal Selfdeclare

Ia juga meminta dinas-dinas terkait yang membidangi pengembangan UMKM untuk segera berkolaborasi dengan Satgas Halal Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar untuk mensukseskan sertifikasi halal. "Kuliner Sumbar harus bersertifikat halal," imbuh Mahyeldi. 

Turut mendampingi Mahyeldi, Wakil Gubernur Provinsi Sumbar Audy Joinaldy, Kepala Dinas Koperasi UMKM Sumbar Nazwir, serta beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar.