Nasional

Komunikasi Publik Humas Kemenag Diminta Sasar Gen-Z

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Komunikasi Publik dan Media Wibowo Prasetyo beri arahan pada pembukaan Rakornas Kehumasan

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Komunikasi Publik dan Media Wibowo Prasetyo beri arahan pada pembukaan Rakornas Kehumasan

Bogor (Kemenag) --- Humas Kementerian Agama diminta menyasar generasi Z (Gen-Z) dalam proses komunikasi publiknya. Hal ini disampaikan Staf Khusus (Stafsus) Menag Bidang Image Building dan IT Wibowo Prasetyo saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Nasional Kehumasan Kementerian Agama, di Bogor, Jawa Barat.

"Komunikasi publik Kemenag harus mulai menyasar Gen-Z. Mereka ini adalah yang akan mengisi ruang publik di tujuh atau 10 tahun ke depan," papar Stafsus Wibowo Prasetyo, Selasa (20/9/2022).

"Gen-Z ini hidup di dunia digital. Mereka harus dibekali dengan pemahaman keagamaan yang moderat. Di sini Kemenag harus hadir," imbuhnya.

Wibowo menuturkan kebutuhan untuk menghadirkan publikasi keagamaan yang moderat tidak dapat dilakukan secara parsial. Karenanya, ada tiga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan humas Kemenag.

Pertama, penyelesaian regulasi tata kelola kehumasan. Wibowo berharap melalui forum rakornas akan dihasilkan draft Keputusan Menteri Agama (KMA) Tata Kelola Kehumasan.

Kedua, humas Kemenag perlu meningkatkan kolaborasi."Sinergisitas seluruh satuan kerja perlu dilakukan mulai dari penyusunan konten, proses publikasi, masifikasi isu, berdasarkan strategi komunikasi yang disepakati," ujar Wibowo.

Selain dengan pihak internal, menurut Wibowo, kolaborasi juga perlu dibangun dengan kementerian lain maupun media. "Bukan hanya media konvensional, kita juga harus mulai membangun hubungan dengan influencer maupun content creator lainnya," tuturnya.

Selanjutnya, hal ketiga yang menjadi pekerjaan rumah humas Kemenag adalah pemerataan kompetensi pranata humas. "Salah satu yang harus diperkuat misalnya kompetensi penulisan berita. Saya titip ini untuk segera dilaksanakan," ujar Wibowo.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin menyampaikan hal ini akan menjadi target Rakornas Kehumasan.

"Rakornas kali ini menargetkan penyelesaian KMA Tata Kelola Kehumasan, Strategi Komunikasi, dan juga sosialisasi e-Dupak. Ini sesuai dengan pesan yang baru disampaikan Bapak Stafsus," paparnya.

Rakornas ini dihadiri 118 Pranata Humas (Prahum) yang berasal dari Unit Eselon I, Kanwil Kemenag Provinsi, serta Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Turut hadir sebagai narasumber Staf Ahli Menag Bidang Hukum dan HAM Abu Rokhmad dan Direktur Tata Kelola Kemitraan dan Informasi Publik Kementerian Kominfo Hasyim Gautama.


Editor: Indah
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua