KHR Azaim: Mudzakarah, Jihad Pemikiran Melayani Jemaah Haji

Situbondo (Kemenag) --- Pengasuh Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo KHR Ahmad Azaim Ibrahimy mengapresiasi ikhtiar pemerintah menggelar Mudzakarah Perhajian Indonesia dalam rangka merespon beragam dinamikan penyelenggaraan ibadah haji.

Menurutnya, ibadah haji adalah jihad. Karenanya, mempersiapkan layanan terbaik bagi penyelenggaraan ibadah haji juga termasuk bagian dari jihad.

"Semoga mudzakarah ini menjadi bagian dari jihad pemikiran dalam melayani jemaah haji," terang KHR Ahmad Azaim saat memberikan sambutan pada pembukaan Mudzakarah Perhajian Indonesia di Pesantren Situbondo, Senin (28/11/2022).

"Semoga, kita yang termasuk berjuang melalui pemikiran dan solusi dalam mudzakarah perhajian kali ini, ikut mendapat keberkahan jemaah," sambungnya.

Menurut KHR Azaim, jemaah adalah duta Allah. Karenanya, menjadi tugas bersama untuk menghormati dan melayani jemaah haji.

KHR Azaim juga berharap Mudzakarah Perhajian akan semakin menguatkan semua pihak dalam memberikan penghormatan kepada tamu-tamu Allah.

"Kita semua berharap dengan khidmah kepada jemaah, dosa kita diampuni Allah," pesannya.

"Semoga Mudzakarah ini menghasilkan rumusan yang membawa manfaat dalam rangka memberikan layanan terbaik dalam penyelenggaraan haji di masa mendatang," tandasnya