Nasional

Keterbatasan Fasilitas Internet Jadi kendala MCH

Madinah, 29/11 (Pinmas) - Keterbatasan fasilitas internet menjadi kendala dalam pengiriman berita Tim MCH dari Saudi ke Tanah Air.melalui internet merupakan kendala utama yang dihadapi Media Centre Haji di Jeddah, Makkah dan Madinah Arab Saudi.

Harapan pengiriman berita secara cepat melalui internet masih menjadi kendala di beberapa Media Centre Haji baik Daker Makkah, Jeddah maupun Madinah, sehingga beberapa wartawan liputan haji masih harus mencari Warnet terdekat atau langsung menggunakan telepon seluler yang dimiliki oleh masing-masing reporter haji. Koordinator Liputan Media Centre Haji Madinah Ali Azwar ketika dikonfirmasi RRI membenarkan hal itu.

Menurutnya, berbagai upaya dilakukan dan di Daker Madinah sudah cukup lancar meski peralatannya sangat terbatas, sehingga harus berebut cepat untuk menuju dead line, kata Ali Azwar, melalui kebijakan kadaker Madinah Ahmad Kartono, MCH di Madinah dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Disinggung tentang komunikasi dengan Daker Makkah dan Jeddah, Ali Azwar menilai tidak ada kendala, hanya saja di dua Daker tersebut Media Centre Haji setempat belum menemukan line untuk mengirimkan berita secara cepat terkecuali secara manual. Dibagian lain Ali Azwar juga meminta teman-teman pers di Media Centre Haji baik di Makkah, Madinah maupun Jeddah agar membuat berita yang berimbang, jangan sampai informasi yang disampaikan membuat masyarakat di tanah air resah. Sebagai contoh untuk penyampaian informasi jemaah yang meninggal, sebelum mengecek langsung kebenaran berita kematian kepada petugas kesehatan haji, jangan keburu menyampaikannya kepada public.

Sementara Kadaker Madinah Ahmad Kartono mengatakan untuk suksesnya pelayanan haji tahun ini penyediaan Media Center Haji MCH Madinah merupakan tugas awal yang dipenuhi, karena melalui MCH segala informasi dapat dengan cepat disampaikan dan diketahuioleh publik di Tanah Air.(TON/MCH Madinah)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua