Nasional

Kemenag Terima Hibah Tanah dari KPK, Menag: Untuk Pengembangan Layanan

Serah terima hibah tanah dari Ketua KPK Firli Bahuri kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/11/2021)

Serah terima hibah tanah dari Ketua KPK Firli Bahuri kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/11/2021)

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menerima hibah sebidang tanah seluas 493 m² dan 2.769 m² dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Aset tersebut berlokasi di Jalan Tanjung Raya Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Penyerahan aset senilai Rp. 6.042.270.000 ini dilakukan secara simbolis oleh Ketua KPK Firli Bahuri kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Gedung KPK, Jakarta. Turut menyaksikan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) aset tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar dan Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi penyerahan aset ini. Menurutnya, ini menjadi salah satu solusi atas permasalahan keterbatasan aset yang dialami Kemenag.

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas kesediaan KPK untuk memberikan aset ini. Selama ini, Kemenag kesulitan mengembangkan pelayanan keagamaan dan pendidikan, karena aset tanah yang digunakan KUA atau pun madrasah kita kebanyakan merupakan milik pemda," ungkap Menag usai penandatanganan serah terima aset, Selasa (9/11/2021).

Dengan pemberian aset dari KPK untuk Kemenag, Menag berharap ini dapat menjadi modal untuk mengembangkan dua layanan tersebut. "Sekaligus ini pemberitahuan. Bila nanti ada pembagian aset hasil sitaan, Kemenag diingat lagi," sambung Menag yang disambut gelak tawa hadirin.

Selain kepada Kemenag, KPK memberikan hibah barang rampasan kepada empat instansi lainnya, yaitu Kejaksaan RI, Kementerian Keuangan, Komisi Pemilihan Umum, dan Pemerintah Kota Yogyakarta. Aset yang terdiri dari tanah, bangunan, maupun kendaraan ini, bernilai total 85,1 miliar rupiah.

"Semoga aset ini bermanfaat demi masa depan anak bangsa," ungkap Ketua KPK Firli Bahuri.


Editor: Indah
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua