Nasional

Kemenag Susun Juknis Materi Pelaksanaan SKB CPNS 2021

Plt Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Akhmad Lutfi

Plt Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Akhmad Lutfi

Bogor (Kemenag) --- Kementerian Agama tengah menyiapkan dan menyusun petunjuk teknis kisi-kisi serta materi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2021. Penyusunan petunjuk teknis SKB CPNS 2021 ini melibatkan puluhan perwakilan yang berasal dari 13 satuan unit kerja di lingkungan Kementerian Agama.

Gelaran yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini akan berlangsung selama tiga hari, 9-11 September 2021, di Kota Bogor, Jawa Barat.

Mewakili Sekjen Kemenag Nizar, Plt Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Akhmad Lutfi mengatakan, keberadaan SDM sebagai salah satu unsur akreditasi sangat penting dan strategis. Kemenag sebagai salah satu satuan kerja terbesar memiliki jumlah ASN yaitu sebanyak 230.845.

"Ini ternyata belum cukup bila dilihat dari kenyataan di lapangan, khususnya dalam rangka memberikan pelayanan publik," kata Akhmad Lutfi.

Menurutnya, penyusunan petunjuk teknis SKB CPNS 2021 bertujuan agar proses seleksi berjalan bersih dan akuntabel serta bisa menghasilkan CPNS yang kompeten dan sesuai kebutuhan. Hal itu penting untuk mencapai visi Indonesia maju serta kelancaran tugas dan pelayanan kepada masyatakat, sekaligus dalam rangka mewujudkan tata kelola kepegawaian yang baik.

Ia menambahkan, pelaksanaan seleksi ASN menjadi etalase nasional dari kementerian dan lembaga. Seleksi ini meliputi tahapan pendaftaran, administrasi, kompetensi dasar, bidang dan penyetaraan ASN.

Pelaksanan seleksi kompetensi dasar saat ini sedang berlangsung tahap I dan II di beberapa daerah. Komponen dari seleksi bidang terdiri psikotes, praktek kerja, dan wawancara kebangsaan.

"Kami berharap penyusun kisi-kisi instrumen SKB juga memperhatikan materi wawasan keberagamaan dan kebangsaan. Semoga juknis ini bisa dibuat dengan sebaik mungkin seoptimal mungkin untuk memastikan bahwa ASN Kemenag memiliki nasionalisme yang kuat," tandasnya.

Plt Kepala Biro Kepegawaian menyampaikam terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pejabat struktural dan fungsional yang telah berusaha dan berjuang memikirkan dan merencanakan kebutuhan kepegawaian dalam rangka rektutmen seleksi ASN Kemenag tahun 2021.


Fotografer: M Rusydi Sani

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua