Kemenag Minta PTKI Perkuat Budaya Akademik

Mataram (Kemenag) --- Kementerian Agama meminta Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk tidak bosan dan lelah dalam berupaya memperkuat budaya akademik di tengah tantangan perubahan zaman. Pesan ini disampaikan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag Thobib Al Asyhar dalam rapat kerja yang digelar Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) XIV. 

Raker ini diikuti 34 pimpinan PTKI swasta yang tersebar di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. 

Menurut Thobib, salah satu aspek substansial dari perguruan tinggi adalah adanya budaya akademik yang baik. Dia melihat, banyak perguruan tinggi yang saat ini menghasilkan alumni tanpa kemampuan akademik yang memadai karena di kampusnya tidak ada budaya akademik yang baik. 

“Karena itu, PTKI tidak boleh lelah agar mengejar ketertinggalan dalam menjaga dan merawat budaya akademik sebagai ciri utama perguruan tinggi,” tegasnya di Mataram, Sabtu (4/6/2022). 

Thobib menyambut baik raker yang digelar Kppertais XIV dalam rangka penguatan kelembagaan dan program kerjasama. Menurutnya, program kerjasama sangat penting sebagai salah satu instrumen dalam penilaian akreditasi. 

"Saat ini program kerjasama tidak hanya pada sebatas dokumen MoU namun juga harus ada implementasi program dari MoU yang dibangun," jelas Thobib yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Menteri Agama.

"Untuk menuju PTKIS yang berdaya saing, mandiri dan unggul perguruan tinggi harus menerapkan tatakelola perguruan tinggi yang baik. Perguruan tinggi harus konsisten menerapkan Good University Governance, transparansi, akuntabilitas, responsibility, independensi, fairness, penjaminan mutu dan relevansi, efektifitas dan efisiensi, dan nirlaba," tambahnya.

Sebelumnya, Kordinator Kopertais Prof. Dr. Masnun, MA meminta pimpinan PTKIS untuk peka terhadap perkembangan jaman dan teknologi. "Perkembangan teknologi yang cukup pesat selama pandemi pimpinan PTKIS harus mulai melakukan inovasi-inovasi dalam proses pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi di kampus masing-masing," ujar Masnun yang juga Rektor UIN Mataram.

"Semoga dengan pertemuan ini para pimpinan bisa bertukar pengalaman dalam mengelola Perguruan Tinggi sehingga bisa saling menguatkan satu dengan yang lainnya," tambahnya.

Sekretaris Kopertais Nazar Naamy menambahkan, Kopertais XIV wilayah Mataram beranggotakan 34 kampus yang terdiri atas 31 PTKI swasta dan 3 Fakultas Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum (PTU). 

"Semoga dengan Rakepim ini menghasilkan program-program yang bagus dalam pengembangan PTKIS. Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama bidang tridharma perguruan tinggi antara Rektor UIN Mataram dengan para Pimpinan PTKIS," ujarnya.