Daerah

Kemenag Kaltim Kini Miliki Gedung Baru PLHUT, Madrasah, dan KUA

Menag menandatangani prasasti gedung baru layanan pendidikan dan keagamaan di Balikpapan

Menag menandatangani prasasti gedung baru layanan pendidikan dan keagamaan di Balikpapan

Balikpapan (Kemenag) --- Kementerian Agama terus meningkatkan sarana dan prasarana layanan pendidikan keagamaan dan layanan keagamaan di sejumlah provinsi. Hal itu dilakukan melalui pembangunan infrastruktur dengan menggunakan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan 12 gedung baru yang dibangun melalui SBSN 2021. Peresmian secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gus Menteri di Kota Balikpapan. Hadir mendampingi, Kakanwil Kemenag Kalimantan Timur Masrawan.

Sejumlah gedung baru yang diresmikan Menag, yakni: Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kutai Timur. tujuh Madrasah, dan empat Kantor Urusan Agama (KUA). Tujuh bangunan madrasah yang diresmikan, terdiri atas gedung MAN 1 Samarinda, MAN 2 Samarinda, MAN IC Paser (2 bangunan), MTsN Samarinda (2 bangunan), MTsN 4 Paser, MIN 1 Kutai Timur, dan MIN 2 Samarinda.

​​​​​​​Sementara bangunan KUA yang diresmikan adalah gedung KUA Long kali Paser, KUA Penajam , KUA Waru Penajam, dan KUA Long Iram Kutai Barat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpesan kepada Kakanwil Kemenag Kaltim dan jajaran agar bangunan baru yang berfungsi sebagai pusat layanan pendidikan dan keagamaan tersebut dirawat dengan baik. "Rawat dengan baik gedung-gedung baru ini. Sebab fungsinya untuk pelayanan pendidikan dan keagamaan. Begitu juga dengan gedung PLHUT," pesan Menag, Senin (31/1/2022).

Tampak hadir dalam penandatanganan prasasti Staf Khusu Menag, Wibowo Prasetyo dan Kakankemenag Kota Balikpapan Johan Marpaung.

Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Masrawan menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama atas kunjungan ke Kalimantan Timur dalam rangka pengukuhan PBNU dan penandatanganan prasasti gedung SBSN 2021.

"Atas nama Kanwil Kemenag Kalimantan Timur, saya mengucapkan ribuan terima kasih atas kunjungan Pak Menteri sekaligus menandatangani prasasti pembangunan gedung madrasah, KUA, dan PLHUT dengan skema SBSN," kata Masrwan. .

"Sekali lagi, terima kasih atas perhatian Pak Menteri. Khusus PLHUT ini merupakan yang pertama dibangun di Kalimantan Timur, tepatnya di Kutai Timur," tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua