Kemenag Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu (1/10/2022). Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali menjadi Inspektur Upacara.

Tema Hari Peringatan Kesaktian Pancasila 2022 adalah ‘Bangkit Bergerak Bersama Pancasila’. “Tema ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk kembali bangkit dengan terus mengamalkan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa,” ujar Nizar saat membacakan sambutan selaku Inspektur Upacara.

Dalam upacara yang digelar di Lapangan Kantor Kementerian Agama Pusat ini, dibacakan juga ikrar Hari Kesaktian Pancasila setelah pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Dalam ikrar tersebut, seluruh rakyat Indonesia diajak untuk kembali memperkokoh persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan terus memperkuat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi negara.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” demikian ikrar yang dibacakan. Naskah ikrar tersebut ditandatangani oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Hadir para pejabat Kementerian Agama, mulai dari jajaran Staf Khusus, Staf Ahli, Eselon I & II, dan para seluruh pegawai kementerian agama pusat.