Nasional

Kemenag Gelar Rakor Lintas K/L, Bahas Penguatan Moderasi Beragama

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menggelar Rapat Koordinasi Sinergitas Program Kementerian dan Lembaga Tahun 2021. Rakor yang mengusung tema “Bersama dalam Sinergi Membangun Negeri” ini dibuka Sekjen Kemenag Nizar.

Rakor dijadwalkan berlangsung tiga hari, 8-10 Maret 2021. Giat ini diikuti perwakilan Kemenag, Kementerian PUPR, Kementerian PPA, Kementerian Kesehatan, dan BNN.

Salah satu agenda rakor membahas penguatan moderasi beragama. Menurutnya, penguatan moderasi beragama harus dilakukan secara berkesinambungan oleh kementerian dan lembaga. "Moderasi agama adalah program nasional yang harus diselesaikan secara bersama,” jelas Nizar di Jakarta, Senin (8/3/2021).

Untuk Itulah, lanjut Nizar, forum ini penting karena mengkoordinasikan program-program yang ada irisan-irisan dengan kementerian dan lembaga lain, termasuk penguatan moderasi beragama. Ini adalah bagian dari kerja bareng dalam rangka mengimplementasikan RPJMN 2020-2024.

Nizar menambahkan, pembangunan bangsa ini tidak mungkin dilakukan hanya satu pihak atau satu instansi pemerintah saja. Diperlukan sinergi dan koordinasi berbagai instansi, termasuk di dalamnya Kementerian Agama.

“Saya mengapresiasi pertemuan ini. Atas nama Sekjen Kemenag saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada kawan-kawan lintas kementerian yang berkenan hadir untuk rapat koordinasi ini. Tanpa kehadiran bapak/ibu semua, rapat akan menjadi pincang,” ucapnya.

Nizar berharap rakor ini menghasilkan output dan rumusan tentang bentuk koordinasi, kolaborasi dan sinergi yang lebih operasional sehingga pembangunan yang direncanakan lebih efektif dan efisien. “Forum ini menjadi kekuatan yang luar biasa, dan kalau digerakkan bersama-sama menjadi kekuatan besar dalam membangun negeri ini,” tuturnya.

Hadir dalam pembukaan, Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ali Rokhmad, serta Kabag Data Perencanaan dan Kerjasama dalam Negeri pada Biro Perencanaan Kemenag Ida Nur Qosim.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua