Internasional

Kemenag Dorong Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Jalin Kolaborasi Internasional

International Webinar Postgraduate Program IAHN Tampung Penyang Palangkaraya

International Webinar Postgraduate Program IAHN Tampung Penyang Palangkaraya

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) mendorong Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) untuk menjalin kolaborasi internasional. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Dirjen Bimas Hindu) Kemenag Tri Handoko Seto saat menyampaikan keynote speech pada International Webinar Postgraduare Program IAHN Tampung Penyang Palangkaraya, Senin (30/8/2021).

Webinar internasional yang diinisasi Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Tampung Penyang ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Subash Chandra Dash dari Universitas Utkal, India. Ia juga dikenal sebagai penulis buku “The Land of Bali”.

“Kami mengapresiasi IAHN Tampung Penyang yang senantiasa produktif selama pandemi, dengan cara menggelar webinar dan menjalin hubungan dengagn dunia internasional. Salah satunya dengan menghadirkan Prof. Dr. Subash Chandra Dash dari Universitas Utkal, India, sebagai pembicara dalam webinar kali ini,” ungkap Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto.

Ia berpesan agar PTKH meningkatkan peringkat reputasi internasional, melakukan kerja sama internasional yang ditindaklanjuti di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Terutama, kami berharap webinar internasional kali ini tidak hanya berakhir dengan diperolehnya sertifikat. Akan tetapi, perlu ditindaklanjuti dengan riset maupun penguatan pengajaran Pendidikan Hindu,” tegas Tri Handoko.

“Lebih lanjut, kolaborasi internasional ini diharapkan dapat ditindaklanjuti menjadi hubungan dua negara. Tidak hanya Kerjasama dengan IAHN Tamping Penyang saja, tetapi juga dengan Lembaga Pendidikan lainnya di Indonesia,” imbuhnya.

Tri Handoko, dalam kesempatan tersebut juga memaparkan secara singkat tentang pengetahuan Weda dan pengetahuan barat. Dirinya menekankan bahwa pengetahuan barat sangat maju dalam teknologi yang mana membuat hidup manusia lebih mudah, sedangkan pengetahuanan Weda merupakan pengetahuan yang kompleks yang di dalamnya berisi kebenaran sains dan memandang manusia sebagai subjek yang lengkap.

Sementara, Rektor IAHN Tampung Penyang Palangkaraya menyampaikan bahwa kegiatan webinar tersebut sangat tepat dilaksanakan dalam kondisi saat ini dan berharap dapat memberikan positif bagi semuanya. “Saya berharap kita dapat menerima banyak informasi dan inspirasi melalui webinar ini, khususnya terkait dengan Hinduisme,” ujar Rektor IAHN Tampung Penyang Palangkaraya.


Editor: Indah

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua