Kemenag Buka Rekrutmen Fasilitator PKB Guru Madrasah untuk Daerah 3T dan Perbatasan

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) membuka rekrutmen Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah untuk Daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) dan Perbatasan di lima provinsi.

Pendaftaran telah dimulai 1 Juli  2022 hingga 15 Juli 2022. Informasi terkait rekrutmen ini dapat diakses melalui  laman https://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Madrasah Reform yang dikelola Ditjen Pendidikan Islam Kemenag. Progam yang merupakan hasil kerja sama dengan Bank Dunia (World Bank) ini juga dikenal dengan Realizing Education’s Promise- Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR)

“Seleksi Fasda program PKB madrasah terbuka untuk semua guru, pengawas dan kepala madrasah di seluruh Indonesia,” terang Ketua PMU REP-MEQR Abdul Rouf, melalui sambungan WhatsApp, Kamis (7/7/2022).

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan yang berada di daerah 3T.

Koordinator Komponen 3 pada PMU REP-MEQR Anis Masykur menjelaskan Fasilitator Daerah direkrut oleh Distric Coordinating Unit /Kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota. Mereka disiapkan menjadi fasilitator kegiatan PKB bagi guru dan tenaga kependidikan di tingkat Kabupaten/Kota.

“Fasda program PKB Madrasah daerah 3T, kedepannya akan bertugas melatih guru di KKG/MGMP/MGBK/KKM/POKJAWAS baik moda tatap muka atau moda daring dengan menggunakan modul yang sudah disiapkan,” terang Anis.

Anis menambahkan, selanjutnya Kemenag akan mengumumkan peserta yang lolos administrasi pada tanggal 20 Juli 2022. Semua informasi akan disampaikan oleh panitia melalui laman https://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb.


REKOMENDASI