Kemenag Ajak Gereja Sinergi Hadapi Pandemi dan Perkuat Moderasi

Jakarta (Kemenag) --- Saat ini tengah berlangsung Sidang Majelis Sinode AM dan Sidang Sinode AM, Gereja Protestan di Indonesia (GPI) Tahun 2021. Sidang ini berjalan secara daring dan luring, diikuti perwakilan GPI se-Indonesia.

Dirjen Bimas Kristen, Thomas Pentury, menyampaikan bahwa Sidang Majelis Sinode AM dan Sidang Sinode AM tahun 2021 sangat penting bagi pertumbuhan gereja di Indonesia dalam turut membangun bangsa. Ada dua hal, kata Thomas Pentury yang bisa dilakukan gereja.

Pertama, jemaat gereja terus mendukung kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Menurutnya, kehidupan bergereja saat ini memiliki tantangan sebagai mitra strategis pemerintah, dalam ikut melandaikan kurva Pandemi Covid-19. Banyak kebijakan dan regulasi yang telah dibuat pemerintah dalam menangani Pandemi Covid-19. 

“Gereja bisa mendukung semua regulasi yang terkait Pandemi Covid-19,” kata Thomas Pentury saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Sidang Majelis Sinode AM dan SIdang Sinode AM, tahun 2021, Sabtu (4/9/2021).

Kedua, Kementerian Agama saat ini terus menggaungkan penguatan moderasi beragama. Dia mengajak jemaat gereja juga dapat memberikan sumbangsih dan terus dapat mengampanyekan nilai-nilai Moderasi Beragama pada tiap-tiap pertemuan dengan jemaat.

“Titik tumpu dari semua nilai-nilai moderasi beragama adalah pendidikan. Sinergi dengan semua kapasitas yang dimiliki. Mempersiapkan jemaat menuju kemandirian, yang memiliki kualifikasi baik dalam pendidikan dan ekonomi,” kata Thomas Pentury.

Ketum BPH GPI Pdt Dr Liesje Sumampouw menyampaikan acara Sidang Majelis Sinode AM dan Sidang Sinode AM, Gereja Protestan di Indonesia Tahun 2021 ini berjalan secara Daring dan Luring dari perwakilan GPI se-Indonesia.

Sidang ini merupakan sidang periodik lima tahunan. Sidang kali ini mengusung tema ‘Aku adalah Yang Awal, dan Yang Akhir’, dengan Sub Tema ‘Memperkuat Komitmen Keesaan dan Kemandirian GPI Menghadapi Tantangan Masa Depan Bangsa’.

“Kalau kita satu, maka kita pergi untuk menyebarkan kesatuan itu,” kata Liesje Sumampouw.

Ketua Umum MPH GPI Pdt Gomar Gultom menyampaikan selamat atas terlaksana dan berjalannya kegiatan sidang Majelis Sinode dan Sidang Sinode AM ini. Dia berharap, berjalannya sidang ini sesuai harapan, dapat memberikan sumbangsih bagi Bangsa Indonesia terlebih di masa Pandemi Covid-19.

“Saya mengapresiasi terahdap tema sidang ini. Terlebih gereja dan umat Kristiani terus dapat bersumbangsih bagi Bangsa dan Negara. Mari terus kita bersatu membangun Bangsa dengan tetap dalam bimbingan Tuhan,” ajak Gomar Gultom.

“Kita selalu bersama dalam gerakan ekonomi. Sebuah komitmen kolektif dari kleuarga besar GPI, untuk selalu ada dan membuat gerakan dalam menangani Pandemi, yaitu dialah Allah selalu dalam kehidupan kita, bagaimanpun sulitnya Pandemi ini,” tambah Gomar Gultom.

Disampaikan Gomar Gultom bahwa Dialah Yang Awal dan Yang akhir, menjadi komitmen dan kepercayaan kita. Pandemi bisa kita hadapi dengan kuasa Tuhan untuk terus dapat tumbuh dan bangkit dalam mengharungi kehidupan.

“Kebersamaan gereja bisa menjadi berkat bagi bangsa Indonesia,” tutup Gomar Gultom.